Pinjaman China Semakin Menjebak Ekonomi Pakistan

Senin, 05 Agustus 2024 - 16:05 WIB
Utang Pakistan kepada China sangat besar, dan itu dinilai bisa menghancurkan ekonomi negara Asia Selatan tersebut. Foto/Pakistan Today
ISLAMABAD - Setelah Pakistan yang kekurangan uang mengamankan paket talangan baru senilai USD7 miliar dari Dana Moneter Internasional (IMF) bulan Juli, Islamabad memulai pembicaraan dengan Beijing untuk merestrukturisasi profil utang China senilai miliaran dolar.

Hal itu dilakukan Pakistan dalam upaya mereka melakukan reformasi ekonomi.

Di atas meja terdapat proposal untuk menunda setidaknya USD16 miliar utang sektor energi ke China, bersamaan dengan perpanjangan jangka waktu fasilitas pinjaman tunai senilai USD4 miliar karena menipisnya cadangan devisa.



Pekan lalu, Menteri Keuangan Pakistan Muhammad Aurangzeb berada di Beijing untuk menyampaikan proposal tentang perpanjangan jatuh tempo utang untuk sembilan pembangkit listrik yang dibangun oleh perusahaan China di bawah Koridor Ekonomi Pakistan China (CPEC) senilai miliaran dolar.



Pada hari Jumat, Perdana Menteri (PM) Pakistan Shehbaz Sharif mengatakan di rapat kabinet federal bahwa dia telah menulis surat kepada pemerintah China yang meminta penyusunan kembali profil utang, menurut laporan surat kabar Dawn.

Reprofiling utang berbeda dengan restrukturisasi utang karena jumlahnya tidak dipotong, melainkan tanggal jatuh tempo pembayaran diperpanjang.

Mengutip dari DW pada Senin (5/8/2024), Islamabad berada di bawah tekanan besar untuk merundingkan kembali perjanjian mahal dengan produsen listrik, terutama perusahaan China, untuk menurunkan harga listrik.

Sejak CPEC ditandatangani pada 2015 dan menjadi salah satu komponen terbesar Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) China, Beijing telah menggelontorkan miliaran dolar untuk mengembangkan infrastruktur di Pakistan.

Nilai proyek CPEC mencapai USD65 miliar, dengan tujuan utama membangun koneksi pengiriman barang China dari pelabuhan Gwadar di Laut Arab melewati perbatasan pegunungan ke wilayah Xinjiang, China.

Fokus Produksi Listrik



CPEC juga telah mengalokasikan miliaran dolar untuk pengembangan infrastruktur energi di Pakistan.

Azeem Khalid, pakar investasi China di Pakistan, mengatakan kepada DW bahwa pembangunan pembangkit listrik yang didanai China telah memperburuk kesulitan ekonomi Pakistan.



"Daripada membangun pembangkit listrik milik pemerintah, Pakistan mengizinkan perusahaan-perusahaan China untuk beroperasi sebagai Produsen Listrik Independen (IPP), yang menyebabkan pembayaran kapasitas terlepas dari produksi. Hal ini pada dasarnya menyebabkan penduduk membayar listrik yang tidak mereka gunakan," kata Khalid.

Terbebani Pinjaman China



Menurut data tahun 2022, Pakistan memiliki utang China senilai USD26,6 miliar, lebih banyak daripada negara lain mana pun di dunia.

Safiya Aftab, ekonom yang berbasis di Islamabad, mengatakan kepada DW bahwa suku bunga pinjaman China tidak lunak dan berkisar sekitar 3,7 persen.

"Pinjaman ini diberikan untuk infrastruktur, yang secara teori seharusnya mulai menghasilkan keuntungan. Menurut saya, masalah utamanya adalah kapasitas penyerapan Pakistan yang buruk. Pemerintah tidak dapat melanjutkan proyek sesuai jadwal," katanya.

Analis Khalid yakin pinjaman ini "sulit untuk dilunasi karena suku bunga yang sangat tinggi, yang melebihi kapasitas pembayaran pemerintah."

"Semakin banyak relaksasi dan perpanjangan yang tersedia, semakin baik bagi Pakistan. China—yang menyadari kesulitan keuangan Pakistan—sering kali memberikan ruang bernapas tetapi terkadang memanfaatkan utang ini untuk kepentingannya," kata Khalid.

CPEC Baik atau Buruk bagi Pakistan?



Para analis mengatakan bahwa pinjaman CPEC awalnya disajikan sebagai opsi termurah untuk pinjaman internasional, tetapi kemudian diketahui bahwa pembayarannya akan jauh lebih mahal daripada yang diharapkan.

"Perjanjian tersebut, yang sangat menguntungkan China, dinegosiasikan dengan buruk, sehingga proyek tersebut terlalu banyak dijanjikan dan kurang terlaksana. Publik dan media disesatkan oleh menteri perencanaan saat itu dan timnya untuk menggambarkan CPEC sebagai pengubah permainan ekonomi yang signifikan bagi Pakistan dan kawasan tersebut," kata Khalid.

Ekonom Kaiser Bengali berpendapat bahwa mengubah struktur pembayaran utang China "hanya perbaikan sementara, yang juga bergantung pada kemurahan hati dari pihak China, bahkan jika penataan ulang profil dan perpanjangan pinjaman dari China telah membantu Pakistan memenuhi kebutuhan pembiayaan eksternalnya beberapa kali di masa lalu."

"Utang China sangat besar dan pelunasan utang adalah satu-satunya pilihan yang bersifat sementara. Tumpukan utang yang besar itu menghancurkan ekonomi," katanya kepada DW.

"Ini menjadi semakin rumit, berapa lama China akan melunasi utang-utang ini, karena mereka memiliki batas bawah sendiri untuk pinjaman-pinjaman ini dalam proyek-proyek bisnis mereka. Mereka meminjamkan uang ke banyak negara dan tidak ingin membuat preseden dengan menunda dan merundingkan ulang proyek-proyek karena akan memengaruhi kepentingan mereka," imbuh dia.

Islamabad dan Beijing Menepis Kritik



Baik pejabat Pakistan maupun China sering kali menghalau kritik bahwa proyek CPEC telah memperdalam kesengsaraan ekonomi Islamabad dan membingkai skema tersebut sebagai peluang untuk pertumbuhan ekonomi.

Siaran pers dari "Sekretariat CPEC" Kementerian Perencanaan, Pembangunan, dan Inisiatif Khusus Pakistan mengatakan Islamabad bergabung dengan CPEC karena "pengaturan pembiayaan yang menguntungkan" dan bahwa China telah "melangkah maju untuk mendukung pembangunan Pakistan pada saat investasi asing telah mengering."

"CPEC telah memberikan peluang yang sangat besar bagi Pakistan untuk tumbuh secara ekonomi. Negara ini merupakan mesin pertumbuhan ekonomi," imbuhnya.

Apa pun itu, masalah utang Pakistan tidak akan hilang dalam waktu dekat.

"Pakistan terjebak antara China dan Amerika Serikat [pinjaman IMF], dan Washington telah memperingatkan bahwa pinjaman IMF tidak boleh digunakan untuk membayar utang China yang terus meningkat," kata Bengali.

Ekonom Aftab mengatakan bahwa China akan mengizinkan Pakistan untuk mengubah profil pembayaran utangnya.

"Alasan utama kemurahan hati mereka terhadap Pakistan adalah persaingan mereka dengan India, dan itu tidak akan hilang dalam waktu dekat. Namun, mereka mungkin kehilangan kesabaran terhadap kemajuan proyek yang lambat dan mulai mendesak tindakan," paparnya.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More