Pilot AI Kalahkan Telak Pilot Manusia dalam Dogfight Jet Tempur F-16 AS

Senin, 24 Agustus 2020 - 10:15 WIB
DARPA mengatakan Uji Coba AlphaDogfight adalah pendahulu program ACE (Air Combat Evolution), yang pada akhirnya bertujuan untuk menggunakan algoritma AI untuk menerbangkan pesawat sungguhan.

"Heron yang sepenuhnya otonom yang menerbangkan seluruh (sistem) pesawat masih jauh," kata Javorsek, menambahkan tujuannya adalah untuk melihat apakah ini mungkin dilakukan sekarang.(Baca juga: Taipei Bermanuver dengan Jet F-16 dan Rudal: China Jangan Remehkan Taiwan! )

Kekuatan utama AI adalah tidak menderita G-force, dan dapat membuat keputusan jauh lebih cepat daripada yang bisa dilakukan manusia. AI juga mampu membuat penyesuaian pada "tingkat nanodetik" di mana "loop OODA" manusia—mengamati, mengarahkan, memutuskan, dan bertindak—membutuhkan waktu lebih lama, memberikan keunggulan lain bagi algoritma.

AI sebelumnya tidak dapat menandingi pemikiran taktis manusia, tetapi Falco dikembangkan menggunakan pembelajaran penguatan yang dalam untuk mengatasi batasan ini. Banger berhasil meningkatkan dan bertahan lebih lama di setiap putaran berturut-turut, meskipun dia gagal mengenai pesawat AI di putaran mana pun.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More