Siapa Pemegang Kekuasaan Tertinggi di Israel? Ini Perbedaan Tugas Presiden dan Perdana Menteri

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:35 WIB
Isaac Herzog hanya memiliki tugas simbolis. Foto/Reuters
GAZA - Israel menganut sistem pemerintahan yang didasarkan pada demokrasi parlementer, sehingga terdapat Presiden dan Perdana Menteri dalam negara Yahudi tersebut.

Lantas siapa yang memegang kekuasaan tertinggi? Dalam negara parlementer, Perdana Menteri adalah kepala pemerintahan Israel dan tokoh politik yang paling kuat di Tel Aviv.

Tak heran jika segala kebijakan Israel ditentukan oleh sosok PM. Itu jugalah yang membuat Benjamin Netanyahu sangat disorot dalam konflik yang berkecamuk di Gaza, Palestina.



Meski begitu, masih ada Presiden Israel yang merupakan kepala negara menurut hukum. Namun sosok presiden ini justru sangat minor dan bahkan tidak terlihat sama sekali ketika Israel sedang memerangi Hamas.

Tugas Presiden dan Perdana Menteri Israel

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja tugas dan kewenangan Presiden dan PM di Israel.

1. Tugas Presiden Israel

Dilansir dari The institution of the Presidency, Pengaruh lembaga Kepresidenan secara tradisional sebagian besar didasarkan pada karakter nasional yang bermartabat dan kemampuannya untuk berfungsi sebagai simbol persatuan nasional, yang mewakili nilai-nilai inti negara.

Dalam hal ini Presiden berperan dalam memperkuat kemitraan di antara warga Israel dan menyatukan mereka. Adapun beberapa tanggung jawab administratif yang wajib dilakukan oleh Presiden Israel diantaranya.

- Penandatanganan Undang-Undang

- Menjalankan Undang-Undang
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More