Siapa Direktur FBI Christopher Wray? Pernah Diangkat Donald Trump, tapi Kini Justru Bermusuhan

Senin, 15 Juli 2024 - 16:30 WIB
Dalam peran ini, Wray mengawasi investigasi kriminal besar-besaran di tingkat nasional dan internasional, termasuk mengawasi Bagian Kontra Terorisme dan Bagian Kontra Intelijen dan Pengendalian Ekspor.

Pada tahun 2005, Wray mengundurkan diri dari DOJ dan kembali ke praktik swasta, bekerja di firma hukum internasional King & Spalding LLP di mana ia menghabiskan hampir 12 tahun berpraktik hukum dalam investigasi pemerintah dan kejahatan kerah putih. Wray memperoleh gelar sarjana hukum dari Yale Law School pada tahun 1992. Ia menjadi pengacara pribadi mantan Gubernur New Jersey Chris Christie pada tahun 2013 selama skandal penutupan jalur “Bridgegate”, USA Today melaporkan.

2. Diangkat Direktur FBI oleh Trump, tapi Justru Bermusuhan



Foto/AP

Trump mengumumkan bahwa dia akan mencalonkan Wray untuk peran direktur FBI pada bulan Juni 2017. Namun, segera setelah penunjukan Wray, dia dan Trump mulai berselisih.

Mengapa dia diangkat menjadi direktur FBI? Trump menyebut Wray sebagai “seorang pria dengan kredibilitas sempurna” ketika ia pertama kali mengumumkan pencalonan Wray, USA Today melaporkan.

Dia kemudian mengeluarkan pernyataan lengkap yang mengatakan bahwa Wray adalah “individu yang memenuhi syarat, dan saya tahu bahwa dia akan kembali mengabdi pada negaranya sebagai penjaga hukum dan teladan integritas setelah Senat mengukuhkan dia untuk memimpin FBI.”

Pada saat pencalonannya, Wray mengatakan dia berharap dapat melayani rakyat Amerika.

“Saya berharap dapat melayani rakyat Amerika dengan integritas sebagai pemimpin dari apa yang saya tahu secara langsung sebagai kelompok pria dan wanita luar biasa yang telah mendedikasikan karir mereka untuk melindungi negara ini,” kata Wray.

Namun, tidak butuh waktu lama sampai Trump dan Wray berselisih setelah Komite Kehakiman Senat dengan suara bulat menyetujui pencalonan Wray sebagai direktur FBI.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More