Mengapa Rusia Menyebar 2.600 Satelit pada 2036?

Kamis, 11 Juli 2024 - 20:20 WIB
Rusia berencana mengirim 2.600 satelit pada 2036. Foto/AP
MOSKOW - Rusia berencana untuk mengerahkan 2.600 satelit komunikasi dan penginderaan jauh pada pertengahan tahun 2030-an. Itu diungkapkan CEO Roscosmos Yuri Borisov.

Sistem Satelit Informasi NPO Lavochkina dan Reshetnev Rusia akan ditugaskan untuk menciptakan kemampuan produksi konveyor pada tahun 2026, dengan dibutuhkan dana sebesar 60 miliar rubel untuk memulai dan menjalankannya.

Mengapa Rusia Menyebar 2.600 Satelit pada 2036?

1. Rencana Ambisius yang Dipenuhi Optimistis



Foto/AP



Beberapa pengamat mempertanyakan apakah rencana Roscosmos realistis, mengingat Rusia saat ini hanya mampu memproduksi sekitar 40 satelit per tahun. Namun Natan Eismont, peneliti terkemuka di Institut Penelitian Luar Angkasa Akademi Ilmuwan Rusia, mengatakan Rusia pasti memiliki potensi teknis untuk mencapai tujuan ambisius tersebut.

“Ini cukup bisa dicapai,” kata Eismont, dilansir Sputnik.

“Mari kita bandingkan angka 2.600 satelit dengan kemampuan yang telah ditunjukkan [Elon] Musk…Dia berhasil meningkatkan produksi [Starlink SpaceX] dari skala sederhana seperti yang kita lihat sekarang, menjanjikan 10.000-12.000 satelit.

2. Memiliki Kemampuan Manufaktur yang Kecil



Foto/AP

Satelit-satelit Rusia kira-kira berukuran sama dengan milik Musk, dan kemampuan manufaktur Musk lebih kecil daripada satelit kita. Dia memiliki perusahaan besar yang terorganisir dengan baik dan memiliki pendanaan yang baik, tetapi kita berbicara tentang industri roket dan luar angkasa di seluruh negara.”
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More