Bagaimana Jerman Membantu Persiapan NATO dalam Perang Melawan Rusia?

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:55 WIB
Hingga runtuhnya Tembok Berlin, jumlah pasukan berkisar sekitar 480.000 orang. Ketika Bundeswehr mengintegrasikan Tentara Rakyat Nasional, dengan tujuan utama menghapus strukturnya secara bertahap, jumlahnya meningkat lagi dalam waktu singkat.

Sekitar 20 tahun kemudian, hanya tersisa sekitar 200.000 tentara di Bundeswehr. Pada tahun 2023, mereka hanya memiliki 181.000 anggota, menurut Kementerian Pertahanan Jerman.

Hanya sebagian kecil dari tentara ini yang dilatih untuk dikerahkan dalam pertempuran sebagai bagian dari misi NATO.

Melansir DW, Scholz memaparkan kebijakan pertahanan Jerman

Terpengaruh Kondisi Politik AS



Foto/AP

Peran Bundeswehr di NATO berubah lagi setelah serangan 9/11 di AS pada tahun 2001 mendorong AS untuk menerapkan klausul pertahanan bersama aliansi tersebut dan Jerman memenuhi kewajiban perjanjiannya. Tentara Jerman adalah bagian dari koalisi pimpinan AS yang kemudian menginvasi Afghanistan untuk memukul mundur Taliban.

Untuk waktu yang lama, Bundeswehr berkonsentrasi pada pelatihan unit-unit yang dapat diangkut dengan cepat, bahkan ke Afghanistan. Hingga terjadinya Zeitenwende, atau "titik balik" – sebuah istilah yang diciptakan oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz dalam pidatonya di depan parlemen Jerman hanya beberapa hari setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina pada tahun 2022 – banyak anggota militer yang belum mempersiapkan diri untuk menghadapi serangan besar-besaran dan menyebarkan serangan darat di Eropa, tiga dekade setelah berakhirnya Perang Dingin.

Selama Perang Dingin dan tahun-tahun berikutnya, AS telah memainkan peran utama dalam NATO. Tidak ada negara lain yang melakukan investasi militer sebesar ini dibandingkan negara yang memiliki lebih dari 100.000 personel militer yang ditempatkan di Eropa.

Namun perlindungan AS bisa hilang jika Donald Trump kembali menjadi presiden AS. Trump mengancam tidak akan melindungi mitra NATO yang tidak mengeluarkan cukup uang untuk pertahanan dari Rusia. Dia bahkan mengatakan akan mendorong Moskow untuk melakukan "apa pun yang mereka inginkan" jika anggota aliansi NATO gagal mencapai target belanja pertahanan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More