Apa Itu Hannibal Directive? Kebijakan yang Mengizinkan Militer Israel Membunuh Prajurit dan Warganya Sendiri

Senin, 08 Juli 2024 - 22:55 WIB
Laporan tersebut mengatakan protokol Hannibal “digunakan di tiga fasilitas militer yang disusupi oleh Hamas” dan “ini tidak mencegah penculikan tujuh dari mereka [tentara] atau pembunuhan 15 pengintai lainnya, serta 38 tentara lainnya”.

2. Mencegah Penculikan yang Dilakukan Hamas



Foto/AP

"Petunjuk Hannibal, juga dikenal sebagai Prosedur Hannibal atau Protokol Hannibal, adalah kebijakan militer Israel yang menetapkan penggunaan kekuatan maksimum jika terjadi penculikan tentara,"kata Yehuda Shaul, mantan tentara Israel, kepada Al Jazeera pada bulan November.

“Anda akan melepaskan tembakan tanpa kendala, untuk mencegah penculikan,” katanya, seraya menambahkan bahwa penggunaan kekuatan dilakukan bahkan dengan risiko membunuh seorang tentara yang ditawan.

Selain menembaki para penculik, tentara juga dapat menembak di persimpangan, jalan raya, jalan raya, dan jalur lain yang mungkin dilalui oleh lawan yang diculik, tambah Shaul.



3. Pernah Diterapkan pada 2014



Foto/AP

Israel terakhir kali menerapkan Petunjuk Hannibal pada tahun 2014 selama perangnya di Gaza pada tahun itu, menurut rekaman audio militer yang bocor, meskipun tentara Israel membantah telah menggunakan doktrin tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More