5 Taktik dalam Perang di Dunia, Indonesia Paling Jago pada Nomor 4

Senin, 08 Juli 2024 - 20:20 WIB

4. Perang Gerilya



Foto/AP

Mayoritas tentara di dunia melakukan sebagian perang kemerdekaannya dengan menggunakan perang gerilya. Mengetahui bahwa mereka kalah jumlah dan persenjataan, mereka mengandalkan penyergapan dan taktik tidak konvensional lainnya untuk menjaga keseimbangan Inggris, terutama di Carolina Selatan di mana Rubah Rawa Francis Marion memerangi pasukan Inggris dengan menggunakan hutan belantara untuk keuntungannya.

Kata gerilya berasal dari bahasa Spanyol yang berarti ‘perang kecil’. Artinya secara militer berarti bahwa dalam suatu konflik terdapat pihak-pihak yang berlawanan dimana satu pihak lebih kuat dari pihak lainnya.

Kedengarannya familier? Di Vietnam tidak ada keraguan siapa negara yang lebih kuat, namun mengingat Viet Cong memilih untuk melakukan perang gerilya, militer konvensional seperti militer AS menjadi korban taktik gerilya yang mana serangan cepat, penyergapan, sabotase, dan tindakan tidak wajar lainnya dilakukan.

Selain Vietnam, Indonesia sangat tangguh dalam melaksanakan perang gerilya. Sejarah sudah membuktikan bagaimana rakyat Indonesia bertempur melawan penjajah Belanda dengan taktik perang gerilya.

5. Perang Asimetris



Foto/AP

Sisi lain dari perang gerilya adalah peperangan asimetris atau asymmetric engagement yang merupakan perang dimana sumber daya dari kedua pihak yang berperang sangat berbeda. Misalnya, militer AS sedang melancarkan perang asimetris di Irak dan Afghanistan, sedangkan kekuatan lawan di negara-negara tersebut melancarkan perang gerilya. Peperangan jenis ini disebut oleh sebagian orang sebagai perang tidak teratur atau perang melawan pemberontakan.

Tinjauan terhadap sejarah menunjukkan bahwa meskipun perang total tampaknya menjawab pertanyaan, strategi militer apa yang paling efektif sepanjang masa, jawabannya, jika diterapkan pada zaman modern ini, mungkin lebih tepat adalah perang gerilya yang telah berhasil melumpuhkan sebagian negara. militer paling kuat yang dikenal manusia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More