Terungkap, Mobil Mewah Hadiah Putin untuk Kim Jong-un Gunakan Suku Cadang Korsel

Rabu, 03 Juli 2024 - 14:25 WIB
Impor tersebut meliputi bagian bodi mobil, sensor, pengontrol yang dapat diprogram, sakelar, peralatan las, dan komponen lainnya senilai hampir USD15,5 juta yang diimpor dari Korea Selatan. Suku cadang juga diimpor dari China, India, Turki, Italia, dan negara Uni Eropa (UE) lainnya.

Menurut catatan bea cukai, pasokan asing untuk Aurus terus berdatangan setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina, dengan barang senilai hampir USD16 juta, termasuk USD5 juta yang diproduksi di Korea Selatan, diimpor sejak Februari 2022.

Laporan Reuters tidak dapat menentukan secara spesifik komponen asing impor mana yang dimasukkan ke dalam mobil yang dihadiahkan kepada Kim Jong-un, dan impor tersebut tidak melanggar sanksi—Aurus LLC diberi sanksi oleh Amerika Serikat pada bulan Februari 2024.

Sedan Aurus dikembangkan oleh lembaga penelitian milik negara Rusia; NAMI, bekerja sama dengan produsen mobil Rusia; Sollers, yang telah menjual sahamnya.

Aurus Motors dan CEO-nya Andrey Pankov tidak menanggapi permintaan komentar Reuters mengenai penggunaan suku cadang asing, termasuk dari Korea Selatan, pada kendaraannya.

Produksi Tumbuh



Perusahaan ini meluncurkan produksi resmi di wilayah Tatarstan Rusia, sekitar 1.000 km (620 mil) dari Moskow, pada tahun 2021—sebelum kemudian dibuat dalam skala eksperimental kecil di NAMI.

Mobil tersebut akan memulai produksi tambahan di St Petersburg akhir tahun ini di bekas pabrik Toyota.

Toyota adalah salah satu dari banyak produsen mobil asing yang keluar dari pasar Rusia sejak invasi tersebut, yang oleh Rusia disebut sebagai "operasi militer khusus".

Eksodus ini meninggalkan kesenjangan yang dengan cepat diisi oleh produsen China, dengan cepat merebut lebih dari separuh pangsa pasar dan memperlihatkan terbatasnya kapasitas produksi dalam negeri Rusia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More