Ribuan Pria di Brasil Terpaksa Amputasi Penis, Ternyata Ini Penyebabnya

Sabtu, 22 Juni 2024 - 21:55 WIB
Mereka melaporkan bahwa Inggris telah mengalami peningkatan kasus kanker penis, meningkat dari 1,1 menjadi 1,3 per 100.000 antara tahun 1979 dan 2009 dan di Jerman kasus meningkat sebesar 50% dari 1,2 menjadi 1,8 per 100.000 antara tahun 1961 dan 2012.

Angka-angka ini diperkirakan akan semakin tinggi, menurut alat prediksi Global Cancer Registries. Diperkirakan pada tahun 2050, kejadian kanker penis secara global akan meningkat lebih dari 77%.

Perubahan ini sebagian besar disebabkan oleh populasi yang menua, menurut para ahli, yang mengatakan insiden tertinggi terjadi pada pria berusia 60an.

Cordeiro mengatakan: "Kanker penis adalah penyakit langka namun juga sangat dapat dicegah".

Ia berpesan, penggunaan kondom saat berhubungan seks dan menjalani operasi pengangkatan kulup pada kasus phimosis dapat membantu mengurangi risiko kanker penis.

Neil Barber, Pemimpin Klinis Urologi di Frimley Health NHS Foundation Trust, menambahkan: "Kanker penis hampir tidak pernah terjadi pada populasi yang disunat. Kebersihan yang buruk dan infeksi di bawah kulup, serta kondisi seperti phimosis yang membuat kulup sulit ditarik kembali. dan menjaga kebersihan, merupakan faktor risiko. Hal ini terkait dengan risiko infeksi yang lebih tinggi secara keseluruhan".

“Faktor risiko yang ada juga mencakup hubungan seks tanpa kondom, khususnya tidak menggunakan kondom, dan kebersihan yang buruk semakin meningkatkan risiko melalui jalur ini.”

João saat ini sedang menunggu hasil tes terbarunya, yang akan diterimanya akhir tahun ini. “Saya yakin pemeriksaan ini akan menunjukkan bahwa saya akan sembuh,” katanya.

“Sekarang, setelah amputasi, rasa sakitnya telah hilang, dan saya merasa jauh lebih baik. Namun saya harus hidup dengan penis yang diamputasi sebagian selama sisa hidup saya.”

Menurut Cancer Research UK, lebih dari 90% pria yang didiagnosis menderita kanker penis yang belum menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya dapat bertahan hidup selama lima tahun atau lebih.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More