Mengulik Sejarah Hubungan Rusia dan Korut, Ternyata Tidak Selalu Mesra

Kamis, 20 Juni 2024 - 16:15 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menyaksikan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan Rusia Andrei Belousov dalam upacara penyambutan resmi di Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang, Korea Utara, 19 Juni 2024. Foto/Sputnik/Gavrii
PYONGYANG - Sejarah hubungan Rusia dan Korea Utara (Korut) menarik diketahui. Saat ini, keduanya disebut tengah berada dalam hubungan terbaik sepanjang riwayatnya.

Baru-baru ini, Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan berada di Korea Utara untuk menghadiri pertemuan penting dengan Kim Jong-un.

Pertemuan keduanya menarik perhatian dunia internasional, khususnya negara-negara Barat yang menjadikan mereka musuh.

Beberapa pihak khawatir pertemuan Putin dan Kim Jong-un itu akan berdampak buruk pada kondisi dunia ke depannya. Terlebih, Rusia saat ini masih melanjutkan invasinya di Ukraina sambil mendapat bantuan senjata dari Korea Utara.

Melihat ke belakang, relasi antara Rusia dan Korea Utara memang sudah terjalin lama. Kendati begitu, ternyata hubungan keduanya tidak selalu hangat dan beberapa kali mengalami pasang surut. Berikut ini riwayatnya.



Sejarah Hubungan Rusia dan Korut

1. Kemerdekaan Korea dari Jepang



Saat pemerintahan kolonial Jepang di Korea berakhir, semenanjung terbagi menjadi dua wilayah. Utara didukung Uni Soviet, sedangkan Selatan mendapat sokongan dari Amerika Serikat (AS).

Mengutip Al Jazeera, Uni Soviet kemudian mengangkat Kim Il-sung sebagai pemimpin di Pyongyang. Puncaknya, ia bisa mendirikan negara komunis Korea Utara pada 1948.

Sebagai informasi, Kim Il-sung ini ternyata dulunya pernah memimpin kontingen Korea di tentara Soviet. Hal tersebut menjadi salah satu alasan dirinya dipilih Moskow.

2. Invasi ke Selatan



Berselang dua tahun setelah mendeklarasikan kemerdekaan, Korea Utara menginvasi Korea Selatan. Pasukan Kim Il-sung mendapat bantuan dari Uni Soviet dan China.

Pada sisi Korea Selatan, mereka dibantu oleh Amerika Serikat dan negara-negara lain untuk menghalau invasi tersebut. Konflik berdarah yang merenggut jutaan nyawa ini akhirnya berhenti setelah gencatan senjata pada 1953.

3. Soviet Berkomitmen Mendukung Korut



Setelah perang berakhir, Uni Soviet masih terus memberikan bantuan kepada Korea Utara. Hal ini mencakup dalam bidang ekonomi dan militer, termasuk bahan bakar dan senjata.

Sekitar 1961, Kim Il-Sung dan pemimpin Soviet Nikita Khrushchev menandatangani perjanjian penting. Isinya adalah bahwa Moskow berkomitmen untuk membela Pyongyang apabila terjadi serangan di kemudian hari.

4. Kim Il-sung Mengkonsolidasi Kekuasaan



Hubungan baik yang terjalin antara Soviet dan Korut mulai menurun sekitar 1960-an. Hal ini terjadi ketika Kim Il-sung membersihkan faksi-faksi pro-Soviet dan pro-China dalam kepemimpinan guna mengkonsolidasikan kekuasaannya.

Setelah itu, Moskow pun mengurangi bantuannya kepada Korea Utara. Pada kurun 1970-an, Korea Utara mencoba mengambil keuntungan dari persaingan China dan Uni Soviet.

Namun, terjadi serangkaian kegagalan kebijakan menyusul pinjaman besar-besaran dari pasar keuangan internasional. Hal ini mendorong perekonomian Korea Utara menuju kekacauan selama beberapa waktu.

5. Uni Soviet Bertindak



Pada 1980-an, Mikhail Gorbachev naik menuju kekuasaan di Uni Soviet. Ia bertindak untuk mulai mengurangi bantuan ke Korea Utara dan mendukung rekonsiliasi dengan Korea Selatan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More