Selepas Lengser, PM Belanda Rutte Incar Jabatan Sekjen NATO

Rabu, 19 Juni 2024 - 14:43 WIB
Mark Rutte mengincar jabatan sekjen NATO. Foto/AP
AMSTERDAM - Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte, sekutu setia Ukraina dan pengkritik Presiden Rusia Vladimir Putin, ingin menggantikan Jens Stoltenberg sebagai Sekjen NATO.

Itu dilaporkan stasiun penyiaran nasional Belanda NOS, setelah Hongaria dan Slovakia mendukung Rutte.

Berbicara pada konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Washington, Stoltenberg tidak membenarkan atau membantah laporan media tersebut. "Dengan pengumuman Perdana Menteri (Hongaria) (Viktor) Orban, saya pikir sudah jelas bahwa kita hampir mencapai kesimpulan... untuk memilih sekretaris jenderal berikutnya, dan saya pikir itu adalah kabar baik," katanya kepada wartawan, sambil memuji Rutte.



"Saya pikir Mark adalah kandidat yang sangat kuat. Dia memiliki banyak pengalaman sebagai perdana menteri. Dia adalah teman dekat dan kolega, dan oleh karena itu saya sangat yakin bahwa aliansi akan segera memutuskan pengganti saya," kata Blinken. “Dan itu akan baik bagi kita semua, bagi NATO dan juga bagi saya.”

Sekretaris jenderal NATO berikutnya akan menghadapi tantangan untuk mempertahankan dukungan sekutu terhadap perjuangan Ukraina melawan invasi Rusia, sekaligus menjaga eskalasi apa pun yang dapat menarik aliansi militer tersebut langsung ke dalam perang dengan Moskow.

Melansir Reuters, dalam dua tahun sejak Rusia melancarkan invasi besar-besaran, Rutte telah menjadi salah satu kekuatan pendorong di belakang dukungan militer Eropa terhadap Ukraina, berulang kali menekankan apa yang dikatakannya sebagai kebutuhan mutlak kekalahan Rusia di medan perang untuk menjamin perdamaian di Eropa.

Di bawah kepemimpinannya baru-baru ini, Belanda telah meningkatkan belanja pertahanan di atas ambang batas 2% PDB yang disyaratkan oleh anggota NATO, menyediakan jet tempur F-16, artileri, drone, dan amunisi ke Kyiv serta berinvestasi besar-besaran pada militernya sendiri.

Dukungan Rutte terhadap Ukraina ditegaskan oleh kritiknya terhadap Rusia dan Presiden Vladimir Putin, karena Belanda menganggap Rusia bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat penumpang MH17 di wilayah timur Ukraina pada Juli 2014 – yang menewaskan 298 penumpang dan awak pesawat, 196 di antaranya berasal dari Ukraina. Belanda.

Beberapa jam sebelum laporan NOS diterbitkan, Hongaria dan Slovakia telah memberikan dukungan mereka terhadap pencalonan Rutte, sehingga berhasil mengatasi rintangan penting dalam perjalanannya menuju jabatan tertinggi di NATO.

NATO mengambil keputusan berdasarkan konsensus, sehingga setiap kandidat memerlukan dukungan dari 32 negara sekutu. Hanya Rumania, yang Presidennya Klaus Iohannis juga bersaing untuk mendapatkan jabatan tersebut, yang secara resmi masih menentang pencalonan Rutte.

Dukungan Hongaria ini menyusul pertemuan Orban dengan Stoltenberg pekan lalu, di mana kedua belah pihak sepakat bahwa Hongaria tidak akan menghalangi keputusan NATO dalam memberikan dukungan kepada Ukraina namun sepakat bahwa Hongaria tidak akan terlibat.

“PM Mark Rutte menegaskan bahwa dia mendukung penuh kesepakatan ini dan akan terus melakukannya, jika dia menjadi Sekretaris Jenderal NATO berikutnya,” tulis Orban di platform media sosial X.

"Sehubungan dengan janjinya, Hongaria siap mendukung pencalonan PM Rutte sebagai Sekretaris Jenderal NATO."



Orban sebelumnya menentang pencalonan Rutte karena dia menyatakan pendapat "bermasalah" termasuk gagasan bahwa Hongaria harus meninggalkan Uni Eropa.

Hongaria telah berselisih dengan negara-negara NATO lainnya mengenai upaya Orban yang terus membina hubungan dekat dengan Rusia dan penolakan mengirim senjata ke Ukraina. Menteri Luar Negeri Budapest bulan lalu menyebut rencana untuk membantu negara yang dilanda perang itu sebagai “misi gila.”

Turki dan Slovakia juga telah mengubah arah terhadap pencalonan Rutte, dimana Turki mengatakan akan mendukungnya pada akhir April dan Slovakia mengumumkan dukungannya pada hari Selasa.

Slovakia, yang berbatasan dengan Ukraina, telah menekankan perlunya pemimpin NATO berikutnya untuk membantu menangani perlindungan wilayah udara Slovakia, kata Presiden Peter Pellegrini, setelah pemerintah Slovakia sebelumnya menyumbangkan sistem S-300 ke Ukraina, dan sekutunya menarik keluar Patriot. baterai yang telah ditempatkan sementara di sana.

Masa jabatan Stoltenberg akan berakhir pada 1 Oktober, 10 tahun setelah menjabat pada tahun 2014, hanya beberapa bulan setelah Rusia mencaplok Krimea.

Selama masa jabatannya, Stoltenberg mengawasi peralihan NATO dari aliansi yang terutama terlibat dalam misi manajemen krisis di negara-negara jauh, seperti Afghanistan kembali ke akar pertahanannya melawan Rusia.

Empat negara telah bergabung dengan NATO sejak Stoltenberg menjabat - Montenegro, Makedonia Utara, Finlandia dan Swedia.

Dengan memberikan jabatan tertinggi kepada Rutte, aliansi tersebut akan melewatkan kesempatan untuk melihat seorang perempuan, Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas, mengambil alih kepemimpinan NATO untuk pertama kalinya – sesuatu yang telah dilobi oleh beberapa anggota NATO.

Kallas, seorang kandidat yang banyak digembar-gemborkan oleh negara-negara Eropa Timur, dipandang terlalu hawkish terhadap Rusia oleh beberapa negara anggota Barat.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More