Para Pemimpin BRICS Tak akan Hadiri Konferensi Perdamaian Zelensky

Jum'at, 17 Mei 2024 - 22:15 WIB
Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, Presiden China Xi Jinping, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Perdana Menteri India Narendra Modi dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov berpose untuk foto keluarga BRICS pada KTT BRICS 2023 di Sandton
BRASILIA - Para pemimpin Brasil dan Afrika Selatan tidak akan menghadiri konferensi mengenai Ukraina yang akan diselenggarakan di Swiss bulan depan.

KTT tersebut, yang dijadwalkan pada 15-16 Juni di Burgenstock Resort dekat Lucerne, diperkirakan akan membahas usulan peta jalan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk mengakhiri konflik dengan Rusia.

Lebih dari 160 negara telah diundang untuk ambil bagian, termasuk anggota G7, G20, BRICS, dan Uni Eropa (UE). Namun Rusia belum diundang dalam perundingan tersebut.



Pada Jumat, juru bicara kepresidenan Afrika Selatan Vincent Magwenya mengatakan kepada wartawan bahwa Presiden Cyril Ramaphosa tidak akan ambil bagian dalam KTT Swiss karena “proses konstitusional” di negaranya setelah pemilu presiden.

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva juga memutuskan tidak menghadiri acara tersebut karena tidak melibatkan kedua pihak dalam konflik, CNN Brasil melaporkan pada Kamis (16/5/2024).

Menurut outlet tersebut, Bern menyampaikan undangan melalui Menteri Luar Negeri Brasil Mauro Vieira selama pertemuan bilateral dengan Anggota Dewan Swiss Ignacio Cassis pada tanggal 30 April.

Sumber yang dekat dengan Vieira mengatakan kepada CNN bahwa Cassis bersikeras agar Lula hadir di konferensi tersebut, menyoroti pengaruh Brasil di antara negara-negara berkembang.



Namun, Lula memutuskan delegasi Brasil pada KTT tersebut tidak akan dipimpin presiden. Menurutnya, tidak masuk akal menghadiri pertemuan yang tidak melibatkan Rusia, menurut outlet tersebut yang mengutip sumber diplomatik.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More