Cek Fakta: Salwan Momika Si Pembakar Al-Qur'an Tewas di Norwegia, Benar atau Hoaks?

Senin, 08 April 2024 - 12:44 WIB
Hasil cek fakta tentang berita Salwan Momika si pembakar Al-Quran tewas di Norwegia adalah berita yang tidak benar. Foto/X @stairwayto3dom
JAKARTA - Pekan lalu, berita menghebohkan pengguna internet yang mengeklaim bahwa mantan milisi Irak Salwan Momika ditemukan tewas di Norwegia. Momika, yang dikenal dengan sikap anti-Islam dan pernah membakar Al-Qur'an, baru-baru ini memang pindah ke Norwegia dari Swedia.



Sumber Kabar



Akun bernama "The Savior" (@stairwayto3dom) pada 2 April membagikan gambar Salwan Momik di X dan menulis: “Salwan Momika, pria yang beberapa kali membakar Al-Qur'an di Swedia, ditemukan tewas di Norwegia”.

Oleh pihak X, posting akun tersebut ditandai dengan lampiran link berita surat kabar Norwegia; Document.no, yang menulis: “Dinas Imigrasi Kepolisian Nasional tidak mengetahui ada orang dengan nama itu yang meninggal di Norwegia baru-baru ini.”



Posting-an dari akun "The Savior" viral seketika, telah mengumpulkan lebih dari 3 juta tampilan di X.

Selanjutnya, pengguna X lainnya dengan nama "Mister J" (@Angryman_J) juga membagikan foto Salwan dan membuat klaim serupa. "Salwan Momika, ateis Irak yang membakar kitab suci Al-Qur'an di Swedia, telah ditemukan tewas di Norwegia," tulis pengguna akun tersebut.

Posting-an tersebut telah ditangguhkan setelah viral dan mendapat 124.000 tampilan di X.

Akun "Incognito" (@Incognito_qfs) ikut mem-posting: "Salwan Momika ditemukan tewas di Norwegia. Dia adalah seorang pengungsi Irak yang membakar Al-Qur'an di depan umum di Swedia. Pihak berwenang Swedia menolak memberinya suaka dan perlindungan dari para jihadis. Dia pergi ke Norwegia mencari suaka dan ditemukan tewas."
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More