Mengapa Perompak Somalia Ditakuti?

Kamis, 21 Maret 2024 - 19:40 WIB
Dia berbicara kepada Reuters melalui telepon dari Hul Anod, daerah pesisir di wilayah semi-otonom Puntland di timur laut Somalia tempat kapal, Ruen, ditahan selama berminggu-minggu.



2. Masalah Lama yang Belum Diselesaikan



Foto/Reuters

Meskipun ancamannya tidak seserius yang terjadi pada tahun 2008-2014, pejabat daerah dan sumber industri khawatir bahwa masalah ini akan semakin meningkat.

“Jika kita tidak menghentikannya saat hal ini masih dalam tahap awal, maka hal ini akan tetap sama seperti sebelumnya,” kata Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud kepada Reuters bulan lalu di istana art deco yang dijaga ketat, Villa Somalia, dilansir Reuters.

3. India Bergerak Paling Cepat

Selama akhir pekan, Angkatan Laut India mencegat dan membebaskan Ruen, yang berlayar di bawah bendera Malta, setelah kapal itu kembali melaut. Misi anti-pembajakan Uni Eropa, EUNAVFOR Atalanta, mengatakan para perompak mungkin menggunakan kapal tersebut sebagai landasan peluncuran untuk menyerang kapal Abdullah.

Angkatan Laut India mengatakan seluruh 35 perompak di dalamnya menyerah, dan 17 sandera berhasil diselamatkan tanpa cedera.

Cyrus Mody, wakil direktur badan anti-kejahatan Kamar Dagang Internasional, mengatakan intervensi Angkatan Laut India, yang telah mengerahkan setidaknya puluhan kapal perang di timur Laut Merah, dapat memberikan efek jera yang penting.

“Intervensi ini menunjukkan bahwa risiko/imbalannya sangat besar terhadap para perompak, dan mudah-mudahan hal ini akan membuat mereka berpikir ulang,” katanya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More