5 Fakta Tahun Baru Nowruz yang Sudah 3.000 Tahun Dirayakan Jutaan di Dunia

Rabu, 20 Maret 2024 - 19:50 WIB
Nowruz bukan hanya dirayakan di Iran, tapi di berbagai belahan dunia. Foto/Reuters
TEHERAN - Sekitar 300 juta orang di seluruh dunia memulai perayaan tahunan pembaruan dan keselarasan dengan alam yang bagi mereka merupakan hari libur budaya terbesar tahun ini, yang biasanya melibatkan ritual selama 13 hari.

Nowruz juga dikenal sebagai Tahun Baru Persia atau Iran (Nowruz berarti “hari baru” dalam bahasa Persia), dirayakan di seluruh kelompok etnis dengan warisan Jalur Sutra yang sama , termasuk Afghanistan, India, Iran, Irak, Kazakhstan, Pakistan, Tajikistan, dan Turki, serta diaspora mereka di negara lain.

5 Fakta Tahun Baru Nowruz yang Sudah 3.000 Tahun dan Dirayakan 300 Juta Orang Persia di Dunia

1. Tanda Hari Pertama Musim Semi



Foto/Reuters

Melansir Time, Nowruz, yang menandai hari pertama musim semi, dirayakan pada saat—hingga hari kedua—ekuinoks musim semi, yaitu titik di mana matahari sejajar di belahan bumi utara dan selatan, berdasarkan rotasi dan kemiringan bumi.



Kapan tepatnya Nowruz dimulai berbeda-beda di setiap negara, bergantung pada zona waktu. Tahun ini, berlangsung pada pukul 06.36 lewat 26 detik, 20 Maret, di Teheran, Iran (19/3/2024). Di India, Nowruz dirayakan dalam dua hari, tahun ini pada tanggal 20 Maret dan 15 Agustus, berdasarkan perhitungan menurut dua kalender berbeda.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mendeklarasikan tanggal 21 Maret, saat ekuinoks musim semi biasanya terjadi, sebagai Hari Nowruz Internasional dalam resolusi tahun 2010.



2. Sudah Berlangsung 3.000 Tahun

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More