Kekuatan Militer Ekuador, Negara dengan Tingkat Kekerasan Tinggi

Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:43 WIB
Militer Ekuador memiliki Angkatan Udara yang lemah karena tanpa jet tempur dan helikopter serang. Foto/REUTERS
JAKARTA - Kekuatan militer Ekuador akan diulas dalam artikel ini. Negara di Amerika Latin ini tengah jadi sorotan dunia karena tingginya tingkat kekerasan yang dilakukan oleh geng-geng bersenjata.

Dilansir dari Reuters, jumlah kematian akibat kekerasan meningkat menjadi 8.008 pada tahun 2023, kata pemerintah, hampir dua kali lipat angka pada tahun 2022.

Bahkan kasus kekerasan yang dilakukan oleh sejumlah geng ini telah merambat hingga adanya korban tewas dari kalangan politikus dan pasukan keamanan.



Karena itulah pemerintah Ekuador telah menggembar-gemborkan “Rencana Phoenix” untuk keamanan, yang mencakup pembentukan unit intelijen baru, senjata taktis untuk pasukan keamanan, penjara baru dengan keamanan tinggi, dan peningkatan keamanan di pelabuhan serta bandara.



Namun sebelum rencana tersebut terlaksana, simaklah kekuatan militer Ekuador saat ini berdasarkan riset Global Fire Power.

Kekuatan Militer Ekuador

1. Total Personel Militer

Menurut pemeringkatan oleh Global Fire Power, kekuatan militer Ekuador menempati urutan 72 dari 145 negara. Anggaran militer negara ini lebih dari USD3 miliar.

Total penduduk di Ekuador pada 2023 diperkirakan telah lebih dari 18 juta jiwa. Sementara untuk personel militernya sekitar 160.750 orang, dan hanya 41.250 yang tergolong aktif.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More