Thermo Fisher Berhenti Jual Peralatan DNA di Tibet Terkait Dugaan Pelanggaran HAM

Senin, 08 Januari 2024 - 17:18 WIB

Pengumpulan DNA



Di tahun 2019, Thermo Fisher mengatakan akan berhenti menjual perangkat DNA-nya di Xinjiang dengan alasan kode etiknya. Bulan lalu, The Guardian mengungkapkan bahwa makalah akademis yang diterbitkan pada 2019 yang mengevaluasi teknologi pengurutan genetik Thermo Fisher pada minoritas di Xinjiang telah ditarik kembali karena kekhawatiran bahwa sampel DNA tidak diperoleh dengan persetujuan yang tepat. Studi ini dilakukan oleh peneliti universitas, bukan ilmuwan Thermo Fisher sendiri.

Para pegiat mengatakan pengambilan sampel DNA di Tibet juga harus diteliti dengan cermat. Warga Tibet dipantau "terus-menerus”, kata Tenzin Rabga Tashi, aktivis Free Tibet, sebuah LSM yang berbasis di London. Dia mengatakan peralatan tersebut akan meningkatkan kemampuan pemerintah China untuk mengawasi penduduk lokal.

Menanggapi keputusan Thermo Fisher pada Kamis lalu, Global Times—sebuah tabloid media pemerintah China—melaporkan narasi bahwa pemerintah China mengumpulkan data DNA di Xizang (Tibet) untuk pengawasan muncul begitu saja. “Mengumpulkan data DNA di China telah menjadi pendekatan efektif bagi badan keamanan publik untuk melacak anak-anak yang hilang dan memerangi perdagangan manusia,” tulis Global Times.

Thermo Fisher mengatakan penjualannya di Tibet konsisten dengan penyelidikan forensik rutin di wilayah sebesar itu, dan bahwa teknologi identifikasi manusianya digunakan untuk aplikasi forensik yang penting, mulai dari melacak penjahat, hingga menghentikan perdagangan manusia dan membebaskan tersangka yang dijerat secara tidak adil. Mereka tidak merinci alasan penghentian penjualan ke Tibet.

Joshua Brockwell, direktur komunikasi investasi untuk Azzad Asset Management, mengatakan: "Sebagai investor yang berhati nurani, Azzad senang bahwa seruan kami kepada Thermo Fisher untuk membuat pilihan yang tepat dan membantu mengakhiri penindasan biometrik sebagai alat pengawasan otoriter China telah diperhatikan."

Modernisasi China



Yves Moreau, seorang profesor teknik di Universitas Leuven di Belgia, yang berfokus pada analisis DNA, mengatakan: "Penganiayaan terhadap orang Tibet dan penguasaan dataran tinggi Tibet bergantung pada sistem otoritarianisme digital berteknologi tinggi. Database DNA adalah sebuah bagian dari arsitektur pengawasan total. Dengan menjual produknya kepada keamanan publik Tibet, Thermo Fisher membantu dan bersekongkol dalam pelanggaran tersebut."

Bisnis Thermo Fisher di China mendapat sorotan khusus karena kepala eksekutif perusahaan, Marc Casper, juga mengetuai Dewan Bisnis AS-China. Pada November lalu, dia mengadakan jamuan makan malam senilai USD40.000 per meja untuk menyambut Presiden China Xi Jinping di San Francisco.

Saat makan malam, Casper mengatakan bahwa perusahaan seperti Thermo Fisher "telah berada di garis depan modernisasi China" dan mengutip fakta bahwa "sebagian besar" karyawan perusahaan tersebut berada di AS dan China.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More