6 Pasangan Bapak dan Anak yang Sama-sama Pernah Jadi Presiden dan Perdana Menteri

Sabtu, 16 Desember 2023 - 19:37 WIB
George Walker Bush Senior dan sang anak George W Bush Junior sama-sama pernah menduduku kursi Presiden Amerika Serikat dalam kurun waktu berbeda. Foto/Ist
JAKARTA - Ini pasangan bapak dan anak di dunia yang sama-sama pernah menjabat sebagai presiden maupun perdana menteri (PM) di negaranya masing-masing dalam kurun berbeda. Polemik tentang dinastik politik tengah tengah riuh rendah di jagat politik Tanah Air. Tapi tahukan kamu, tren dinasti politik ternyata bukan monopoli perpolitikan Indonesia.

Di belahan dunia lain termasuk di negara-negara yang menganut sistem demokrasi, dinasti politik ternyata juga mewarnai kepemimpinan politik banyak negara.Uniknya kepemimpinan politik yang diturunkan dari dinasti politik itu diraih melalui prosedur legal formal dengan proses kontestasi.

Artikel kali ini akan membahas secara khusus, adanya pasangan bapak dan anak di dunia yang sama-sama pernah menjabat sebagai presiden maupun PM di negara masing-masing, simak ya ulasannya!

Pasangan Bapak-Anak yang Pernah Menjabat Sebagai Presiden dan Perdana Menteri



1. George Walker BushSenior dan George Walker BushJunior (Amerika Serikat)





George Walker BushSenior atau ayah dari George Walker Bush Junior menjabat sebagai Presiden AS ke-41 untuk masa jabatan 1989-1993. Sebelum menjabat presiden, Bush menjabat wakil presiden ke-43 dalam pemerintahan Presiden Ronald Reagan.

Selang beberapa tahun kemudian, anaknya, George Walker Bush Junior, menjabat sebagai presiden ke-43 pada masa jabatan 2001-2009. Dia menggantikan Bill Clinton saat itu.

2. Jawaharlal Nehru dan Indira Gandhi (India)



Setelah India merdeka, pemerintahan pusat Negeri Gangga dikuasi oleh keluarga Nehru-Gandhi. Jawaharlal Nehru, adalah perdana menteri pertama India (1947-1964). Ia adalah anak dari Motilal Nehru pejuang kemerdekaan India.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More