Daftar 2 Presiden Palestina dari Awal hingga Sekarang

Sabtu, 16 Desember 2023 - 14:32 WIB
Almarhum Yasser Arafat (kanan) dan Mahmoud Abbas, dua tokoh yang menjadi presiden Palestina dari awal hingga sekarang. Foto/REUTERS
JAKARTA - Palestina memiliki sejarah panjang dalam perjuangan kebebasannya. Sejak pertama kali pendudukan Israel, telah muncul banyak tokoh-tokoh yang berperan penting dalam jalannya perjuangan.

Dari sekian tokoh, beberapa di antaranya sukses menjadi ikon perjuangan. Di kemudian hari, mereka pun terpilih untuk menjadi presiden dan terus memperjuangkan kebebasan Palestina.

Daftar 2 Palestina dari Awal hingga Sekarang

1. Yasser Arafat



Yasser Arafat dikenal sebagai sosok pejuang pembebasan Palestina. Sebelum memimpin Palestina, kiprahnya di panggung politik sudah mencorong.





Arafat adalah tokoh yang mendirikan partai politik Fatah. Selain itu, dia juga pernah memimpin Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

Setelah mengadopsi gerakan perlawanan bersenjata bersama kelompoknya, Arafat mulai beralih ke jalan diplomasi. Salah satu kebijakan yang dilakukan adalah membuka jalan bagi masuknya Palestina ke Solusi Dua Negara.

Pada 1996, Arafat terpilih sebagai Presiden Otoritas Nasional Palestina. Mengutip laman History, dia mengantongi 88,1 persen suara dukungan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More