6 Negara yang Gagal Memindahkan Ibu Kota, Myanmar hingga Australia

Rabu, 13 Desember 2023 - 12:49 WIB
Seorang warga bersepeda di jalanan sepi di ibu kota Naypyidaw. Meski menelan biaya besar, banyak media internasional memberitakan bahwa ibu kota baru Myanmar ini telah menjadi kota hantu. Foto/Ist
JAKARTA - Ini daftar 6 negara yang gagal memindahkan ibu kotanya . Pemindahan ibu kota menjadi salah satu solusi yang banyak diambil sejumlah negara untuk mengatasi berbagai persoalan di ibu kota negara.

Ada yang berhasil terkait pemindahan itu. Namun tak sedikit yang gagal melakukan pemindahan ibu kota bahkan justru menimbulkan masalah baru.

Indonesia saat ini masuk dalam jajaran negara yang memilih solusi pemindahan ibu kota negara melalui konsep bertajuk Ibu Kota Negara (IKN). Meski masih terdengar suara pro dan kontra, proses menuju pemindahan IKN ke Pulau Kalimantan saat ini terus berjalan bahkan telah disahkan dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN).

Tanpa bermaksud terjebak pada suara mendukung atau menolak IKN, dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahas daftar negara yang gagal memindahkan ibu kota negaranya. Berbagai faktor menjadi penyebab kenapa hal itu terjadinya.

6 Negara yang Gagal Memindahkan Ibu Kota Negaranya





1. Myanmar



Awalnya ibu kota Myanmar berada di Kota Yangon. Namun, pada 5 Februari 2005, pemerintah Myanmar yang dipimpin oleh junta militer memutuskan untuk memindahkan pusat pemerintahan ke Kota Naypyidaw, yang terletak sekitar 320 km di utara Yangon.

Tidak ada alasan resmi yang diberikan untuk pemindahan tersebut, tetapi spekulasi mengenai alasan pemindahan termasuk untuk mencegah serangan militer asing. Dilansir dari The Independent, total biaya yang dikeluarkan untuk membangun ibu kota baru itu menghabiskan dana sebesar USD4 miliar

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More