Apa Perbedaan Antara Negara Timur Tengah dan Negara Arab? Berikut Jawabannya

Selasa, 12 Desember 2023 - 13:50 WIB
Timur Tengah dan negara-negara Arab memiliki banyak perbedaan. Foto/Reuters
GAZA - Negara Timur Tengah dan negara Arab adalah dua istilah yang sering digunakan untuk menyebut wilayah di Asia Barat Daya dan Afrika Utara. Namun, kedua istilah ini tidak sama artinya dan memiliki cakupan yang berbeda.

Negara Timur Tengah merupakan istilah geografis yang mengacu pada wilayah yang terletak di sekitar Laut Tengah, Teluk Persia, dan bagian dari wilayah Arab dan Timur Dekat. Negara Timur Tengah mencakup sekitar 17 negara yang telah tersebar di beberapa wilayah disana.

Sementara negara Arab adalah istilah politik dan budaya yang mengacu pada negara-negara yang mayoritas penduduknya adalah orang Arab atau berbahasa Arab. Negara Arab sendiri mencakup sekitar 22 negara di tanah Arab sana.

Perbedaan Negara Timur Tengah dan Negara Arab:

1. Agama dan Budaya

Salah satu perbedaan utama antara negara Timur Tengah dan negara Arab adalah adanya negara-negara non-Arab di Timur Tengah, seperti Iran, Turki, Israel, dan Afghanistan.

Negara-negara ini memiliki bahasa, budaya, agama, dan etnis yang berbeda dari negara-negara Arab. Misalnya, Iran dan Afghanistan mayoritas penduduknya beragama Islam Syiah, sedangkan negara-negara Arab mayoritas penduduknya beragama Islam Sunni



Turki mayoritas penduduknya beretnis Turk, sedangkan negara-negara Arab mayoritas penduduknya beretnis Arab. Israel sendiri adalah satu-satunya negara Yahudi di dunia, sementara itu negara-negara Arab tidak mengakui keberadaannya.

2. Wilayah

Perbedaan lain antara negara Timur Tengah dan negara Arab adalah adanya negara-negara Arab yang tidak termasuk dalam wilayah Timur Tengah, seperti Aljazair, Maroko, Tunisia, Libya, Somalia, Djibouti, Mauritania, dan Komoro.

Negara-negara ini terletak di Afrika Utara dan Afrika Timur, dan memiliki hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara Afrika lainnya daripada dengan negara-negara Timur Tengah. Negara-negara ini juga memiliki perbedaan geografis, iklim, flora, dan fauna dari negara-negara Timur Tengah.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More