10 Negara dengan Tentara Terkuat di Dunia, Rusia Bukan yang Kedua

Selasa, 12 Desember 2023 - 04:47 WIB
Amerika Serikat berada di urutan pertama dari sepuluh negara dengan tentara terkuat tahun 2023. Foto/REUTERS
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) dan Rusia biasanya berada di urutan teratas dalam pemeringkatan kekuatan militer di dunia oleh lembaga-lembaga pemeringkat. Namun, riset Insider Monkey menempatkan Rusia di peringkat lima dan Amerika tetap di urutan pertama.

“Kami telah menyusun peringkat 25 tentara terkuat di dunia dengan menganalisis metrik utama yang berkaitan dengan kekuatan pasukan darat, seperti jumlah tentara aktif, armada tank, kendaraan tempur lapis baja, proyektor roket, helikopter serang, dan senjata nuklir,” tulis Insider Monkey, menjelaskan metode pemeringkatannya.

“Secara kolektif, metrik ini diberi bobot 50% untuk menentukan peringkat kami. 30% terdiri dari kemampuan teknologi militer suatu negara, yang merupakan produk dari tingkat kemajuan teknologi suatu negara ditambah dengan belanja pertahanannya,” lanjut media tersebut.

“Terakhir, kami juga mempertimbangkan ukuran perekonomian dan memberikan bobot 20% pada PDB. Hal ini merupakan metrik utama karena hanya perekonomian yang kuat yang mampu mempertahankan kekuatan darat yang mumpuni dalam jangka panjang.”

Data yang diambil dalam riset ini bersumber dari Global Firepower Index 2023.



10 Negara dengan Tentara Terkuat di Dunia

1. Amerika Serikat

Tentara Aktif: 1.390.000

Tank: 5.500

Kendaraan Tempur Lapis Baja: 303.553
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More