5 Pendekatan Pangeran Mohammed Bin Salman dalam Perang Israel-Hamas di Gaza

Sabtu, 02 Desember 2023 - 20:20 WIB
Jacobs mengatakan bahwa normalisasi dengan Israel tetap menjadi salah satu tujuan jangka panjang MBS, tetapi ada “banyak hal” yang harus dilaksanakan. Misalnya, tuntutan Saudi untuk kembali ke proses perdamaian Palestina secara penuh dan jaminan keamanan resmi AS, meskipun catatan hak asasi manusia mereka banyak dikritik, akan sulit dipenuhi oleh Israel dan AS, katanya.



2. Berhati-hati dalam Retorika Perang Gaza



Foto/Reuters

Demonstrasi meletus di seluruh wilayah yang menyerukan diakhirinya agresi Israel di Gaza, dan bahkan untuk mendukung Hamas. Meskipun larangan ketat terhadap kebebasan berpendapat telah membuat jalan-jalan di Saudi lebih sepi dibandingkan di negara-negara tetangga, saluran media sosial Saudi sangat marah terhadap Israel, kata Jacobs.

Kepemimpinan Saudi berhati-hati dalam retorika masa perangnya, menyeimbangkan masyarakat yang semakin frustrasi terhadap Israel, dan kepentingannya untuk mempertahankan perjanjian normalisasi Israel.

3. Memimpin Diplomasi Publik



Foto/Reuters

"Riyadh telah memimpin diplomasi publik," kata Jacobs. KTT Arab-Islam yang diadakan di Riyadh awal bulan ini mempertemukan puluhan pemimpin Arab yang menyerukan segera diakhirinya operasi militer Israel di Gaza.

Putra Mahkota Saudi, umumnya dikenal sebagai MBS, juga menegaskan kembali seruan untuk solusi dua negara, sebagaimana dijabarkan dalam Inisiatif Perdamaian Arab yang dipimpin Saudi pada tahun 2002.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More