5 Strategi Ukraina untuk Mengatasi Kelelahan dalam Perang Melawan Rusia

Selasa, 28 November 2023 - 21:50 WIB
Tentara Ukraina mengalami kelelahan yang sangat parah. Foto/Reuters
MOSKOW - Nasib Ukraina sekarang berada di ujung tanduk! Tentara Ukraina sudah mengalami kekelahan yang sangat parah ketika menghadapi prajurit Rusia. Padahal, musim dingin semakin parah, Rusia akan makin gencar melancarkan serangan.

Maka, mau tak mau, Ukraina harus mengubah strategi perang. Hal utama yang menjadi perhatian adalah bagaimana mengetasi kelelahan para tentara Ukraina yang telah berperang dalam jangka waktu lama dengan Rusia.

Apalagi, sebagian besar tentara Ukraina di medan perang adalah tentara cadangan. Mereka tidak berpengalaman, hanya baru belajar senjata beberapa minggu.

Berikut adalah 5 straregi Ukraina dalam mengatasi kekelahan tentaranya di medan perang.

1. Menyiapkan Tentara Cadangan



Foto/Reuters



Bulan ini, panglima militer Ukraina Valerii Zaluzhnyi mengatakan salah satu prioritasnya adalah membangun cadangan tentara saat ia menyusun rencana untuk mencegah perang menjadi jalan buntu yang ia peringatkan akan menguntungkan Rusia. Rencana tersebut berfokus pada peningkatan kemampuan udara, peperangan elektronik, drone, anti-artileri, dan pembersihan ranjau Ukraina.

"Ukraina, seperti Rusia, memiliki kapasitas terbatas untuk melatih pasukan dan menyinggung kesenjangan dalam undang-undang yang menurutnya memungkinkan warganya mengabaikan mobilisasi," ungkap Valerii Zaluzhnyi dalam komentar yang jarang diterbitkan dalam artikel The Economist.



2. Memperbaiki Sistem Wajib Militer

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More