Lebanon, Negeri Kahlil Gibran dengan Ledakan dari Masa ke Masa

Kamis, 06 Agustus 2020 - 10:01 WIB
Awan jamur besar muncul sesaat setelah ledakan yang menghentakkan banyak gedung di sekitar pelabuhan Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). Foto/RIA Novosti
BEIRUT - Lebanon merupakan negeri tempat penyair dan terkenal Kahlil Gibran dilahirkan. Sebelum ledakan mengerikan di Beirut Selasa malam yang menewaskan 135 orang dan melukai ribuan orang lainnya, negara itu sudah diguncang ledakan dari masa ke masa.

Gibran lahir di Bsharri, Lebanon, pada 6 Januri 1883. Karya-karya yang romantis dan terkadang religus tak lepas dari pengaruh budaya negara asalnya. Terlepas dari keindahan kata-kata yang dituliskan penyair ini, Lebanon menorehkan sejarah kekacauan dan pertumpahan darah. (Baca: Viral, Pengantin Beirut Ini Syuting lalu Ledakan Mengguncang )

Berikut adalah time lineyang dirangkum SINDOnews.com dari beberapa ledakan di Lebanon sejak mantan Perdana Menteri Rafik al-Hariri dibunuh pada 14 Februari 2005.

13 Juni 2007

Anggota parlemen anti-Suriah Walid Eido dan lima orang lainnya tewas oleh bom mobil di dekat klub pantai Beirut.



12 Oktober 2007

Sebuah bom mobil yang diduga berada di dekat Beirut menewaskan seorang perwira senior militer yang merupakan pesaing utama untuk mengambil alih sebagai panglima militer.

25 Jan 2008

Sebuah bom mobil menewaskan seorang perwira polisi yang terlibat dalam penyelidikan pembunuhan di Lebanon, dalam serangan di pinggiran lingkungan komunitas Kristen di Beirut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More