4 Kelompok yang Menjadi Inisiator di Operasi Badai Al Aqsa, dari Hamas hingga PIJ

Kamis, 12 Oktober 2023 - 16:55 WIB
4 kelompok tercatat menjadi inisiator di operasi Badai al-Aqsa. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Operasi Badai Al Aqsa menjadi nama operasi ketika Hamas dan beberapa kelompok sekutu lainnya melakukan serangan besar-besaran terhadap Israel di Jalur Gaza pada awal Oktober 2023.

Dikutip dari Reuters, munculnya Operasi Badai Al Aqsa atau juga dikenal dengan Operasi Banjir Al Aqsa ini dipicu oleh adegan dan rekaman Israel menyerbu masjid Al Aqsa selama bulan Ramadhan, memukuli jamaah, menyerang mereka, menyeret orang tua dan pemuda keluar dari masjid pada tahun 2021 lalu.

Peristiwa itu turut memicu pertempuran selama 11 hari antara Israel dan Hamas. Penyerbuan kompleks masjid tersebut, memang telah lama menjadi titik konflik terkait masalah kedaulatan dan agama di Yerusalem.

Dalang dari Operasi Badai Al Aqsa ini diketahui merupakan Pemimpin Brigade Al Qassam Hamas, Mohammed Deif. Dalam menjalankan aksinya ini rupanya Hamas tidak sendirian, terdapat beberapa kelompok militan Palestina yang ikut serta.

4 Kelompok yang Menjadi Inisiator di Operasi Badai al-Aqsa

1. Hamas





Foto: PBS

Hamas menjadi organisasi yang disebut-sebut sebagai dalang dibalik penyerangan terhadap Israel pada awal Oktober 2023 ini. Hal ini disebabkan karena otak serangan berada di dalam satuan militan tersebut yakni Mohammed Deif.

Organisasi yang didirikan oleh Sheikh Ahmad Yassin ini memang kerap jadi yang disorot ketika konflik antara Palestina dan Israel pecah. Namun Hamas bukanlah satu-satunya organisasi militan yang mengatasnamakan Palestina untuk memulai serangan-serangan.

2. Popular Front for the Liberation of Palestine (PFLP)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More