Siapakah Wab Kinew? Politikus Pribumi Kanada yang Menjadi Perdana Menteri Provinsi Manitoba

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 04:25 WIB
Wab Kinew menjadi politikus pribumi Kanada yang sukses menjabat sebagai PM Provinsi Manitoba. Foto/Reuters
OTTAWA - Wab Kinew terpilih sebagai perdana menteri provinsi Manitoba di Kanada , dan menjadi pemimpin warga pribumi pertama yang memegang jabatan tersebut.

Pengangkatan pria berusia 41 tahun ini ke jabatan tertinggi provinsi terjadi setelah Partai Demokrat Baru (NDP) yang berhaluan kiri-tengah mendapatkan mayoritas 34 kursi dari 57 kursi dalam pemilu yang diadakan awal pekan ini.

“Manitoba melakukan sesuatu yang lebih progresif dibandingkan kota-kota besar mana pun,” kata Kinew dalam pidato kemenangannya pada hari Rabu. “Kami memilih tim Demokrat Baru yang kuat untuk memperbaiki layanan kesehatan dan membuat hidup Anda lebih terjangkau.”

Mengapa kemenangan Kinew penting dan apa latar belakangnya? Berikut adalah 4 fakta mengenai Wab Kinew.

1. Putra Kepala Suku Anishinaabe



Foto/Reuters



Kinew adalah putra seorang kepala suku Anishinaabe dari wilayah Onigaming First Nations di provinsi tetangga Ontario, Manitoba. Sebagai seorang anak, ia pindah ke Winnipeg, ibu kota Manitoba, bersama keluarganya, tempat ayahnya bekerja sebagai profesor di Universitas Winnipeg.

First Nations adalah salah satu dari tiga kelompok Pribumi atau Aborigin di Kanada. Berdasarkan sensus tahun 2021, populasi Pribumi Kanada berjumlah 1.807.250 jiwa, atau 5 persen dari populasi nasional.

Populasi Pribumi dipecah menjadi Inuit (70.540), Metis (624.220) dan First Nations (1.048.405). Yang terakhir ini disebut sebagai orang India hingga tahun 1970-an ketika istilah First Nation menjadi lebih umum.

Saat ini terdapat lebih dari 630 komunitas First Nations di Kanada, yang mewakili lebih dari 50 Negara dan 50 bahasa Pribumi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More