Seberapa Kuat Militer Slovakia? Hanya Punya 13.000 Tentara dan 10 Jet Tempur

Selasa, 03 Oktober 2023 - 20:25 WIB
Militer Slovakia hanya memiliki 13.000 prajurit dan 10 jet tempur. Foto/Reuters
CHLABA - Slovakia adalah salah satu negara di Eropa Tengah yang memiliki kekuatan militer yang cukup signifikan meskipun memiliki ukuran dan anggaran yang lebih kecil dibandingkan dengan beberapa negara Eropa yang lebih besar.

Lantas seberapa kuat militer Slovakia? Artikel ini akan membahas tentang seberapa kuat militer Slovakia dalam berbagai aspek, termasuk anggaran, operasional, peralatan, dan amunisi tiap angkatannya:

Seberapa Kuat Militer Slovakia?

Pada tahun 2023, Slovakia menempati posisi 67 dari 145 negara yang dievaluasi dalam tinjauan tahunan GFP. Skor PwrIndx* negara ini adalah 1,1789 (di mana skor 0,0000 dianggap sebagai 'sempurna').

Slovakia, sebagai anggota NATO sejak 2004, telah menunjukkan komitmen terhadap pertahanan bersama dengan meningkatkan anggaran militer setiap tahun.

Anggaran pertahanan Slovakia terus meningkat, pada tahun 2023, anggaran pertahanan Slovakia sekitar 2,092 miliar dolar AS atau setara dengan Rp32,6 triliun.





Slovakia memiliki angkatan bersenjata yang terdiri dari Angkatan Darat dan Angkatan Udara.

Jumlah personel militer aktif di Slovakia sekitar 13.000 orang pada tahun 2023. Selain personel aktif, terdapat juga personel cadangan dan pasukan milisi yang dapat diaktifkan jika diperlukan.

Selain itu Slovakia memiliki beragam peralatan militer modern yang mencakup berbagai jenis senjata dan sistem pertahanan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More