15 Negara Pecahan Uni Soviet, Ada yang Memiliki Populasi Muslim Mayoritas

Senin, 02 Oktober 2023 - 17:54 WIB
Estonia memiliki ibu kota di Tallinn. Selain bahasa resmi negara, cukup banyak warga negaranya yang menggunakan bahasa Finlandia.

6. Georgia



Georgia mempunyai ibu kota dan kota terbesar di Tbilisi. Wilayah tersebut dikatakan menampung sekitar sepertiga dari total populasinya.

Sebagaimana Armenia dan Azerbaijan, Georgia dulunya menjadi bagian SSR Transkaukasia. Mereka resmi berdiri sendiri setelah keruntuhan Uni Soviet.

7. Kazakhstan

Kazakhstan meninggalkan Uni Soviet pada 16 Desember 1991. Tak hanya memiliki wilayah yang cukup luas, negara ini juga mempunyai populasi Muslim besar.

Pasca mengumumkan kemerdekaan, Kazakhstan melakukan privatisasi perekonomian. Hal ini dilakukan karena memiliki cadangan minyak yang besar, namun masih di bawah Rusia.

8. Kirgizstan



Kirgizstan menjadi sebuah negara terkurung daratan di Asia Tengah. Mereka memiliki Bishkek yang menjadi ibu kota dan kota terbesarnya.

Sebagaimana beberapa negara pecahan Uni Soviet lain, Kirgizstan juga memiliki penduduk Muslim yang besar. Di negara ini, Muslim Sunni mendominasi dengan angka melebihi 80%.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More