5 Fakta Gerakan Khalistan, Berkembang Pesat di Kanada dan Inggris, tapi Mandul di India

Senin, 25 September 2023 - 21:05 WIB
Gerakan Khalistan lebih aktif di luar India dibandingkan di Punjab. Foto/Reuters
OTTAWA - Ketegangan antara Kanada dan India mencapai puncaknya dengan adanya duel pengusiran diplomat dan tuduhan keterlibatan pemerintah India dalam pembunuhan seorang aktivis Sikh di Kanada .

Perselisihan ini berpusat pada gerakan kemerdekaan Sikh, atau Khalistan. India telah berulang kali menuduh Kanada mendukung gerakan tersebut, yang dilarang di India tetapi mendapat dukungan dari diaspora Sikh.

Ketegangan Kanada dan India berkisar tentang Gerakan Khalistan.

Berikut adalah 5 fakta tentang Gerakan Khalistan.

1. Berawal dari Pemberontakan Bersenjata pada 1970-an dan 1980-an



Foto/Reuters



Melansir Time, Gerakan kemerdekaan Sikh di India akhirnya menjadi pemberontakan bersenjata berdarah yang mengguncang India pada tahun 1970an dan 1980an. Kelompok ini berpusat di negara bagian Punjab bagian utara, di mana umat Sikh merupakan mayoritas, meskipun jumlah mereka sekitar 1,7% dari populasi India.

Pemberontakan ini berlangsung lebih dari satu dekade dan berhasil dipadamkan oleh tindakan keras pemerintah India yang menewaskan ribuan orang, termasuk para pemimpin terkemuka Sikh.

Ratusan pemuda Sikh juga terbunuh dalam operasi polisi, banyak di antara mereka yang ditahan atau dalam baku tembak, menurut kelompok hak asasi manusia.

2. Insiden Kuil Emas

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More