Apa yang Berubah setelah 1 Tahun Kematian Ikon Perjuangan Mahsa Amini di Iran?

Minggu, 17 September 2023 - 19:35 WIB
Mahsa Amini menjadi ikon perjuangan bagi kaum oposisi di Iran. Foto/Reuters
TEHERAN - Penguasa Iran telah mengintensifkan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat satu tahun sejak kematian Mahsa Amini dalam tahanan polisi yang memicu protes yang berkembang menjadi kekacauan politik terburuk sejak Revolusi Islam 1979.

Berikut adalah 6 perubahan setelah kematian ikon perjuangan Mahsa Amini di Iran.

1. Berawal Kewajiban Berhijab



Foto/Reuters

Protes dimulai segera setelah kematian wanita Kurdi Iran Mahsa Amini, 22, pada 16 September 2022, yang telah ditangkap oleh polisi moral tiga hari sebelumnya karena diduga melanggar aturan berpakaian wajib Islam di Iran.

Amini, digambarkan sebagai orang pemalu yang memikirkan urusannya sendiri dan menjauhi politik, ditahan saat dia keluar dari stasiun kereta api di Teheran.



Berita kematiannya beredar di media sosial. Protes meletus saat pemakamannya di kampung halamannya, Saqez, dan kemudian menyebar ke seluruh negeri dengan para demonstran meneriakkan “Perempuan, kehidupan, kebebasan” sebagai tantangan keras terhadap penguasa ulama Iran.

Meskipun keluarga Amini mengatakan dia terbunuh karena pukulan di kepala dan anggota tubuhnya, pihak berwenang mengatakan dia meninggal karena masalah medis, yang semakin memicu kemarahan atas kematiannya.



2. Perlawanan Etnis Minoritas Kembali Bangkit

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More