Profil Rustem Umerov, Menteri Pertahanan Muslim Pertama Ukraina

Senin, 04 September 2023 - 13:14 WIB
Rustem Umerov, Muslim pertama yang menjadi Menteri Pertahanan Ukraina. Foto/Voice of America
KYIV - Rustem Umerov ditunjuk Presiden Volodymyr Zelensky sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) baru Ukraina. Dia menggantikan posisi Oleksii Rezkinov yang dipecat di tengah perang yang sedang berlangsung dengan Rusia.

Keputusan itu diambil Zelensky di tengah tindakan keras terhadap korupsi di Ukraina.

Sebelum digantikan, Rezinkov merupakan Menhan yang telah menjabat sejak November 2021. Di bawah kepemimpinannya, Kementerian Pertahanan Ukraina digerogoti korupsi ketika bantuan militer Barat mengalir besar-besaran.

Profil Rustem Umerov



Rustem Umerov merupakan anggota terkemuka komunitas Tatar Crimea yang telah mewakili wilayahnya dalam negosiasi sensitif dengan Rusia.



Sebelum ditunjuk sebagai Menhan Ukraina, pria Muslim berusia 41 tahun ini menjabat sebagai kepala dana privatisasi utama Ukraina. Dia memimpin Dana Properti Negara sejak September 2022.

Umerov lahir di Soviet Uzbekistan pada 1982. Ketika masih muda, dia dan orang tuanya harus pindah ke Crimea setelah diasingkan oleh pemerintahan Stalin.

Mengutip The Guardian, pria Muslim ini menjalankan bisnis telekomunikasi pada 2004 dan terpilih menjadi anggota Parlemen pada 2019.

Sejak terjun ke politik, Umerov dipercaya untuk menjabat sebagai salah satu ketua Platform Crimea, sebuah upaya diplomatik internasional yang bertujuan untuk membalikkan aneksasi Semenanjung Crimea oleh Rusia pada 2014.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More