Kasus Langka di Singapura! Pekerja Migran Gugat Bosnya dan Menang

Minggu, 27 Agustus 2023 - 14:38 WIB
Seorang pekerja migran asal India menggugat perusahaan di Singapura atas kasus kecelakaan kerja dan menang. Foto/Reuters
SINGAPURA - Seorang pekerja kasar dari India telah berhasil menggugat majikannya di Singapura karena kelalaiannya setelah ia terjatuh dari truk yang penuh sesak.

Itu merupakan sebuah kemenangan hukum yang jarang terjadi bagi para pekerja migran yang telah memperbarui perdebatan mengenai perlakuan terhadap mereka di negara kota kaya tersebut.

Ramalingam Murugan, ayah tiga anak berusia 37 tahun dari negara bagian Tamil Nadu di India Selatan, mengalami patah kaki pada tahun 2021 saat turun dari truk yang penuh sesak, sehingga dia tidak dapat bekerja.

"Kecelakaan itu menyebabkan dia sangat kesakitan," kata pengacaranya Muhamad Ashraf Syed Ansarai dari Yeo Perumal Mohideen Law Corporation kepada CNN.

“Dia terluka sendiri saat turun dari truk yang penuh sesak – sebuah hal sederhana yang ternyata berisiko,” kata Ansarai. “Namun tidak jarang perusahaan, terutama yang bergerak di bidang konstruksi berat, menganggap remeh penilaian risiko,” tambahnya.



Singapura, salah satu negara terkaya dan paling maju di dunia, telah memperoleh manfaat besar dari murahnya tenaga kerja asing selama beberapa dekade.



Foto/Reuters

Pekerja seperti Murugan dan pekerja lainnya dari negara-negara di kawasan seperti Bangladesh, China dan Vietnam melakukan pekerjaan yang sulit dan seringkali berbahaya di bidang konstruksi dan industri maritim, bekerja keras di luar ruangan selama berjam-jam, terkadang dalam cuaca ekstrem, dan tanpa upah minimum.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More