Profil Thaksin Shinawatra, Mantan PM Thailand yang Dipenjara usai Pulang dari Pengasingan

Rabu, 23 Agustus 2023 - 14:21 WIB
Thaksin Shinawatra, mantan PM Thailand yang pulang setelah 17 tahun berada di pengasingan. Dia dibawa ke penjara setelah pulang, namun jatuh sakit. Foto/REUTERS
JAKARTA - Thaksin Shinawatra, mantan perdana menteri (PM) yang menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dan terpolarisasi dalam politik Thailand, akhirnya pulang setelah 17 tahun mengasingkan diri.

Pria berusia 74 tahun itu disambut oleh ratusan pendukungnya yang bersorak ketika jet pribadinya mendarat di Bandara Don Muaeng pada Selasa pagi, tiba beberapa jam sebelum Parlemen Thailand memilih Srettha Thavisin sebagai PM baru.

Thaksin dibawa ke Mahkamah Agung, yang menjatuhkan hukuman delapan tahun penjara, berdasarkan dakwaan dalam kasus pidana yang menurutnya bermotif politik.

Dia kemudian dibawa ke penjara. Baru sehari dipenjara, dia dilarikan ke rumah sakit.





Meski absen dari Thailand, Thaksin masih menjadi tokoh penting dalam politik negara itu.

Partai Pheu Thai, yang sekarang dipimpin oleh putri bungsunya Paetongtarn (37) kemungkinan akan memainkan peran utama dalam koalisi baru yang berkuasa.

Profil Thaksin Shinawatra



Mengutip BBC, Rabu (23/8/2023), sebagai seorang miliarder telekomunikasi, Thaksin Shinawatra adalah PM pertama dalam sejarah Thailand yang memimpin pemerintahan terpilih melalui masa jabatan penuh.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More