2 Negara yang Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina untuk Lawan Rusia

Senin, 21 Agustus 2023 - 10:19 WIB
Belanda dan Denmark menyepakati pengiriman pesawat F-16 ke Ukraina. Foto/Reuters
KYIV - Amerika Serikat bermain cerdas dengan tidak langsung sebagai negara yang mengirimkan jet tempur F-16 ke Ukraina . Namun, justru Denmark dan Belanda sebagai negara yang menyediakan jet tempur tersebut. Hanya saja, restu AS tetap menjadi hal utama sebagai produsen jet itu.

Berikut adalah 2 negara yang mengirimkan jet tempur F-16 ke Ukraina.

1. Belanda



Foto/Reuters

Belanda sudah sejak lama ingin mengirimkan pesawat F-16 ke Ukraina. Namun, Belanda menunggu restu AS. Ketika AZ mengizinkannya, Belanda langsung bergerak cepat.

Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren mengatakan dia menyambut baik keputusan AS “untuk membuka jalan bagi pengiriman jet F-16 ke Ukraina.” Itu akan memungkinkan koalisi “untuk menindaklanjuti pelatihan pilot Ukraina.” Namun, Ollongren tidak mau merinci berapa banyak F-16 yang akan dikirim ke Ukraina.



Perdana Menteri Belanda Mark Rutte pada bulan Mei mengatakan Belanda secara serius mempertimbangkan untuk menyediakan F-16 kepada Ukraina, karena saat ini negara tersebut sedang menghapus jet tempur dari angkatan bersenjatanya sendiri.

Keputusan Washington menyetujui pengiriman F-16 dilaporkan pada hari Kamis oleh POLITICO, dengan dua pejabat AS mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengirim surat kepada mitranya di Denmark dan Belanda untuk meyakinkan mereka bahwa permintaan tersebut akan disetujui.

Menteri Luar Negeri Belanda Wopke Hoekstra menyebut langkah itu "tonggak penting bagi Ukraina untuk mempertahankan rakyatnya dan negaranya." “Terima kasih banyak kepada Sekretaris Blinken atas kerja sama yang baik dan cepat. Sekarang, kami akan membahas lebih lanjut masalah ini dengan mitra Eropa kami,” kata Hoekstra.

2. Denmark

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More