10 Negara dengan Ibu Kota Lebih dari 1, Nomor 1 Bahkan Punya 3 Ibu Kota

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 03:15 WIB
Malaysia adalah salah satu negara yang memiliki satu ibu kota. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Setiap negara umumnya memiliki satu ibu kota yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan, politik, dan administratif.

Namun, ada beberapa negara yang memiliki lebih dari satu kota yang memiliki status istimewa atau peran khusus yang mirip dengan ibu kota dalam beberapa hal, seperti menjadi pusat keuangan, budaya, atau komersial.

Berikut adalah negara yang memiliki ibu kota lebih dari satu kota yang dilansir dari sejumlah sumber

1. Afrika Selatan



Negara di benua Afrika ini bukan hanya memiliki 1 ibu kota tetapi 3. Ya, negara yang pernah dipimpin oleh pejuang anti-apartheid Nelson Mandela ini mempunyai 3 ibu kota yaitu Pretoria, Bloemfontein, and Cape Town.



Pretoria adalah ibu kota administratif dan eksekutif, Cape Town adalah ibu kota legislatif, sedangkan Bloemfontein adalah ibu kota yudikatifnya.

Pemisahan yang disengaja menunjukkan desentralisasi dan pembagian kekuasaan antara entitas di berbagai bagian negara. Ini juga mengakomodasi kelompok etnis yang berbeda di seluruh Afrika Selatan dan memastikan masukan yang adil ke dalam pembuatan undang-undang sementara negara berfungsi, memperhitungkan pandangan yang beragam.

2. Sri Lanka



Negara Asia Selatan ini mempunyai dua ibu kota yaitu Sri Jayawardenepura Kotte and Kolombo. Negara kepulauan dengan demografi kecil ini menetapkan Sri Jayawardenepura Kotte sebagai ibu kota administratifnya dan Kolombo disebut sebagai ibu kota perdagangan dan peradilannya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More