Biden Ingin Dana Senjata untuk Taiwan dari Anggaran bagi Ukraina

Kamis, 03 Agustus 2023 - 22:01 WIB
Helikopter Black Hawk bersiap mendarat di Bandara Internasional Taoyuan sebagai bagian dari latihan militer tahunan Han Kuang di Taoyuan, Taiwan, 26 Juli 2023. Foto/REUTERS/Ann Wang
WASHINGTON - Gedung Putih berencana meminta Kongres mengesahkan pengadaan senjata untuk Taiwan menggunakan sebagian uang yang dianggarkan untuk Ukraina.

Financial Times (FT) melaporkan hal itu pada Rabu (2/8/2023), mengutip sejumlah sumber.

Menurut dua orang yang akrab dengan masalah itu yang diwawancarai FT, Kantor Manajemen dan Anggaran AS akan memasukkan permintaan dana untuk Taiwan dalam anggaran tambahan, yang ditujukan untuk membantu Kiev dalam pertarungannya melawan Rusia.

Gedung Putih diperkirakan akan mengajukan permintaan akhir bulan ini. Laporan itu mengatakan, jika disetujui anggota parlemen AS, itu akan menjadi pertama kalinya Taiwan menerima senjata melalui apa yang disebut skema Pendanaan Militer Asing.

Ini adalah mekanisme memberikan hibah dan pinjaman kepada militer asing untuk membantu mereka membeli peralatan buatan AS dan pada dasarnya didanai pembayar pajak Amerika.



Mengomentari upaya baru AS untuk membantu Taiwan, Eric Sayers, direktur pelaksana di perusahaan konsultan Beacon Global Strategies, menggambarkannya, seperti dikutip surat kabar tersebut, sebagai "langkah monumental" yang menandakan seberapa jauh Washington bersedia meningkatkan pertahanan di Selat Taiwan.



Laporan FT muncul setelah pada Jumat Presiden AS Joe Biden mengonfirmasi Washington akan memberi Taiwan senjata senilai USD345 juta di bawah "otoritas penarikan presiden".

Otoritas itu menjadi alat kebijakan luar negeri yang diandalkan Washington "dalam situasi krisis", termasuk konflik Ukraina.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More