5 Fakta Wajib Militer di Rusia, Salah Satunya Peningkatan Batas Usia

Senin, 24 Juli 2023 - 15:50 WIB
Wajib militer di Rusia diharapkan mampu memperkuat kekuatan pertahanan negara tersebut. Foto/Reuters
MOSKOW - Wajib militer di Rusia baru-baru ini kembali disorot setelah mengeluarkan aturan kontroversial terkait peningkatan batas usia, sehingga membuat masyarakat yang ikut jadi lebih banyak.

Sejak melakukan serangan ke Ukraina pada Februari 2022 silam, kabar miring tentang wajib militer di Rusia memang kerap tersebar di media. Karena Moskow disebut-sebut telah melakukan banyak perubahan terhadap aturan wajib militer.

Dengan aturan ini, Rusia berharap mampu menambah pasukan tempurnya untuk menjalankan misi invasi yang sampai saat ini tak kunjung menemui titik terang.

Fakta Wajib Militer di Rusia

Berikut ini fakta tentang wajib militer Rusia. Selain membahas sejumlah kontroversi tentang aturan tersebut, ada pula penjelasan tentang wajib militer yang diselenggarakan sebelum terjadinya invasi.

1. Aturan Wajib Militer Rusia Sebelum Invasi

Dilansir dari Al Jazeera, musim wajib militer berlangsung selama dua kali dalam setahun di Rusia, yakni mulai 1 April - 15 Juli (musim semi) dan antara 1 Oktober - 31 Desember (musim gugur).



Selama periode tersebut, pria berusia antara 18 sampai 27 tahun yang sehat dan tidak sedang menjalani hukuman akan dipanggil untuk mengabdi.

Institute for the Study of War memperkirakan sekitar 1,2 juta pria memenuhi syarat untuk wajib militer setiap tahun, tetapi hanya sekitar 400.000 yang benar-benar bertugas.

Wajib militer berlangsung selama 12 bulan, setelah itu tentara dapat bergabung dengan cadangan militer Rusia yang berkekuatan dua juta orang.

Tentara Rusia secara historis menggunakan wajib militer untuk memastikan mereka memiliki cadangan dengan pelatihan militer, jika ada kebutuhan untuk memobilisasi perang besar.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More