10 Negara yang Terjebak Krisis Utang, Nomor 9 Disebabkan Perang Melawan Rusia

Jum'at, 14 Juli 2023 - 05:19 WIB
Krisis utang menyebabkan dampak serius bagi perekonomian suatu negara. Foto/Reuters
JAKARTA - Banyak negara yang terjebak dalam krisis utang . Itu menyebabkan negara tersebut mengalami krisis ekonomi yang berkepanjangan.

Inflasi yang menggelembung, kenaikan biaya pinjaman, dan dolar yang kuat telah membuat pembayaran kembali pinjaman dan mengumpulkan uang secara signifikan lebih mahal bagi lusinan negara berkembang. Itu juga mendorong beberapa negara gagal bayar tahun lalu.

Berikut adalah 10 negara yang menghadapi krisis utang atau telah gagal membayar pinjaman internasional.

1. Mesir



Foto/Reuters

Melansir Reuters, ekonomi Mesir yang bergantung pada pariwisata dihantam oleh satu-dua pukulan COVID-19 dan melonjaknya harga makanan dan energi, membuatnya kekurangan dolar dan berjuang untuk membayar utang yang meningkat.



Kairo memperoleh paket baru IMF senilai USD3 miliar pada bulan Desember dengan berkomitmen pada mata uang yang fleksibel, peran yang lebih besar untuk sektor swasta, dan serangkaian reformasi moneter dan fiskal.

Pembatasan impor dan mata uang telah membebani aktivitas ekonomi, dan kekurangan mata uang asing terus berlanjut meskipun terjadi tiga devaluasi yang cukup besar sejak Maret 2022 yang mengurangi separuh nilai pound. Inflasi sekarang berada pada level tertinggi lebih dari lima tahun di atas 30%.



2. El Salvador

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More