Perbandingan Kekuatan Militer Amerika Serikat dan India, Beda Jauh?

Kamis, 13 Juli 2023 - 18:01 WIB
Tentara India berdiri di atas kendaraan yang menampilkan rudal selama parade Hari Republik di New Delhi, India, 26 Januari 2016. Foto/REUTERS/Altaf Hussain
NEW DELHI - Perbandingan kekuatan militer Amerika Serikat (AS) dan India menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Melihat kekuatannya, kedua negara ini memang memiliki pasukan militer yang mumpuni.

Pada statusnya, Amerika Serikat dan India menjadi negara yang cukup berpengaruh di dunia. Tak hanya pada sektor seperti ekonomi, Washington dan New Delhi juga terus bersaing pada bidang militer dengan terus berlomba-lomba meningkatkan kekuatannya.

Lantas, bagaimana jika kekuatan militer Amerika Serikat dan India ini dibandingkan? Simak perbandingannya berikut.

1. Skor Power Index



Pada data Global Fire Power 2023, Amerika Serikat memiliki power index sebesar 0,0712 (skor sempurna: 0,0000).



Angka ini menempatkannya berada di peringkat teratas dari 145 negara yang mendapat pemeringkatan GFP.

Sementara itu, India sendiri memiliki power index sebesar 0,1025 dan bertengger di posisi ke-4. Secara skor dan peringkat, sejatinya kedua negara ini tidak terpaut terlalu jauh, namun tetap saja AS lebih unggul.

2. Jumlah Personel



Amerika Serikat diperkirakan memiliki jumlah populasi mencapai lebih dari 337 juta jiwa. Pada jumlah tentara yang dimiliki, mereka mempunyai 1,39 juta personel aktif serta 442.000 personel cadangan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More