7 Negara yang Pernah Menggunakan Bom Tandan, Amerika Serikat Terbanyak?

Selasa, 11 Juli 2023 - 22:15 WIB
Sebagai contoh, bisa diambil ketika terjadi Falklands War sekitar tahun 1982. Saat itu, pasukan Inggris melepaskan bom cluster saat berperang dengan Argentina dan menyebabkan ratusan korban jiwa.



4. Maroko

Beralih ke kawasan lain, Maroko juga memiliki riwayat penggunaan bom tandan. Sekitar tahun 1975 hingga 1988, mereka pernah menggunakan senjata ini untuk melawan kelompok pemberontak di Sahara Barat.

5. Israel

Pada Perang Yom Kippur tahun 1973, Israel disebut sempat menggunakan bom tandan. Tak hanya itu, Tel Aviv kembali melakukannya saat menginvasi Lebanon tahun 1978.

6. Yugoslavia

Pada riwayatnya, Yugoslavia juga beberapa kali menggunakan bom cluster. Salah satunya ketika Perang Bosnia tahun 1992-1995.

Dalam serangan yang diluncurkan, ratusan warga di Bosnia menjadi korbannya. Tak hanya luka-luka, beberapa di antaranya juga dinyatakan tewas.

7. Uni Soviet-Rusia

Saat masih eksis sebagai negara, Uni Soviet juga kerap menggunakan bom tandan ketika bertempur. Pada Pertempuran Kursk 1943, mereka menjatuhkan munisi tandan pada pasukan Jerman di Kursk.

Selain itu, mereka juga pernah menggunakannya di Afghanistan sekitar tahun 1979-1989. Sementara untuk Rusia sendiri pernah menjatuhkannya saat Perang Chechnya, Perang Georgia 2008, hingga invasi Krimea tahun 2014-2015.

Pada konflik terbarunya bersama Ukraina, Moskow dan Kiev juga disebut turut menggunakannya dalam perang.

Selain sederet negara di atas, masih terdapat sejumlah nama lain yang pernah menggunakan bom tandan. Di antaranya seperti Serbia, Sudan, dan lain sebagainya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More