3 Perbandingan Kekuatan Rudal Kinzhal Rusia vs Rudal Patriot AS di Ukraina

Selasa, 20 Juni 2023 - 19:08 WIB
3 perbandingan kekuatan rudal Kinzhal Rusia vs rudal Patriot AS. Foto/Kolase/Sindonews
JAKARTA - Rusia yang sebelumnya telah membangga-banggakan rudal hipersonik buatannya, Kinzhal, tak bisa berkata banyak usai senjata tersebut ditembak jatuh oleh tentara Ukraina menggunakan rudal Patriot dari Amerika Serikat (AS) pada Mei 2023.

Dikutip dari Business Insider, seorang ahli pertahanan rudal menyebut bahwa pencegatan rudal Kinzhal oleh rudal Patriot dipandang sebagai pertahanan yang mengesankan karena membuktikan bahwa senjata buatan Rusia tersebut rupanya tak sehebat yang diungkapkan.

Sebelumnya, pihak pembuat rudal Kinzhal, Rostec mengklaim bahwa tidak ada penanggulangan untuk rudal buatan mereka. Selain itu, Menteri Pertahanan Rusia, Sergey Shoigu mengatakan bahwa belum ada negara lain yang memiliki rudal secanggih Kinzhal.

Dari peperangan rudal tersebut membuat sejumlah pihak mulai penasaran akan kehebatan kedua senjata penghancur milik dua negara adidaya ini.

Secara ukuran, rudal Kinzhal memiliki dimensi yang lebih besar dengan panjang mencapai 7,2 meter dan bobot mencapai 480 kg. Sementara rudal Patriot hanya punya panjang 5,3 meter.



3 Perbandingan Kekuatan Rudal Kinzhal Rusia vs Rudal Patriot



Berikut ini tiga perbandingan kekuatan rudal Kinzhal punya Rusia dan Patriot milik Amerika Serikat di Ukraina.

1. Kecepatan dan Jangkauan



Rudal Kinzhal rusia yang punya bobot 1.00 pon atau 480 kg diklaim memiliki kecepatan sekitar 3.000 mil/jam atau 5.000 km/jam saat diluncurkan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More