10 Militer Paling Lemah di Dunia, Nomor 2 Terancam Berperang Lawan Serbia

Kamis, 08 Juni 2023 - 09:41 WIB
Banyak negara dengan kekuatan militer yang lemah dan buruk karena kekurangan anggaran dan kebanyakan utang. Foto/Reuters
WASHINGTON - Seperti halnya ada negara yang menyandang gelar militer terbaik di dunia, ada negara yang menyandang reputasi militer terburuk di dunia. Negara dengan kekuatan militer terburuk itu umumnya karena tidak memiliki anggaran untuk menggaji tentara dan membeli peralatan.

Namun demikian, ada beberapa negara terlemah itu justru sedang berkonflik dengan negara lain. Tetapi, adanya aliansi militer dan dukungan dari negara lain menjadi negara tersebut tetap percaya diri serta mengembangkan kekuatan tempurnya.

Berikut adalah 10 militer paling lemah di dunia versi Global Fire Power Index.

1. Bhutan – Angkatan Bersenjata Bhutan



Foto/Reuters

Tiga kekuatan membentuk Angkatan Bersenjata Bhutan: Tentara Kerajaan Bhutan, Pengawal Kerajaan, dan Polisi Kerajaan Bhutan. Dari total populasi negara (857.424), 8.000 orang berada di militer. Tapi mereka semua adalah personel aktif. Tidak ada personel cadangan atau paramiliter.



Inventaris militer hanya memiliki dua helikopter dan 27 kendaraan darat lapis baja. Karena merupakan negara yang terkurung daratan, Bhutan tidak memiliki Angkatan Laut. Logistiknya hanya terdiri dari 2 bandara. Namun, negara ini memiliki utang luar negeri lebih dari USD2,6 miliar.



2. Kosovo – Pasukan Keamanan Kosovo (KSV)



Foto/Reuters
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More