7 Negara dan Kawasan yang Dapat Terkena Dampak Perang Serbia dan Kosovo

Rabu, 31 Mei 2023 - 16:01 WIB

5. Montenegro



Dampak Politik: Konflik Serbia-Kosovo dapat mempengaruhi stabilitas politik di Montenegro dan meningkatkan ketegangan etnis di negara ini.

Dampak Ekonomi: Perang dapat menghentikan perdagangan dan investasi asing di Montenegro, yang berdampak buruk pada perekonomian negara ini.

Dampak Sosial: Pengungsi dari Serbia dan Kosovo dapat meningkatkan beban sosial dan ekonomi di Montenegro, serta meningkatkan ketegangan etnis di negara ini.

6. Rusia



Dampak Politik: Rusia memiliki hubungan dekat dengan Serbia dan memiliki kepentingan geopolitik di kawasan Balkan. Konflik antara Serbia dan Kosovo dapat mempengaruhi dinamika hubungan Rusia dengan negara-negara Eropa Barat yang mendukung Kosovo.

Dampak Diplomatik: Perang Serbia-Kosovo dapat memperburuk hubungan antara Rusia dan negara-negara Barat yang mendukung kemerdekaan Kosovo. Hal ini dapat berdampak pada hubungan diplomatik dan kerjasama di bidang keamanan.

7. Negara-negara Uni Eropa Lainnya



Dampak Politik: Konflik di Balkan dapat mempengaruhi stabilitas regional dan hubungan dengan negara-negara Uni Eropa lainnya.

Negara-negara Eropa yang mendukung Kosovo atau berupaya mempertahankan keseimbangan di kawasan dapat menghadapi ketegangan politik dengan negara-negara yang mendukung Serbia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More