7 Negara dan Kawasan yang Dapat Terkena Dampak Perang Serbia dan Kosovo

Rabu, 31 Mei 2023 - 16:01 WIB
Tentara NATO Kosovo Force (KFOR) bentrok dengan pengunjuk rasa Serbia Kosovo lokal di pintu masuk kantor pemerintah di kota Zvecan, Kosovo, 29 Mei 2023. Foto/REUTERS/Laura Hasani
BEOGRAD - Permasalahan antara Serbia dan Kosovo telah berlangsung selama beberapa dekade. Masalah itu berpotensi memicu konflik bersenjata yang dapat berdampak luas pada kawasan Balkan dan negara-negara tetangganya.

Jika terjadi perang, itu dapat berdampak secara politik, ekonomi, maupun sosial. Konflik tersebut juga berpengaruh terhadap stabilitas di Eropa dan negara-negara di luar kawasan tersebut.

Berikut adalah daftar dampak yang dapat terjadi pada beberapa negara jika terjadi perang antara Serbia dan Kosovo:

1. Serbia



Dampak Politik: Perang dapat mempengaruhi stabilitas politik Serbia dan memicu perpecahan masyarakat di dalam negeri.



Dampak Ekonomi: Ekonomi Serbia akan terganggu karena kerusakan infrastruktur, hilangnya investasi asing, dan berhentinya perdagangan dengan negara-negara tetangga.

Dampak Sosial: Korban jiwa dan pengungsi akan menciptakan krisis kemanusiaan di dalam negeri, sementara ketegangan etnis dapat meningkat dan menciptakan perpecahan sosial yang lebih dalam.

2. Kosovo



Dampak Politik: Perang dapat mempengaruhi stabilitas politik Kosovo dan memicu konflik antar-etnis yang lebih besar di negara itu.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More