Mengapa Papua Nugini Tidak Masuk Benua Asia? Ini Penjelasan Geografis dan Sejarahnya

Rabu, 03 Mei 2023 - 12:45 WIB
Itu artinya, Papua Nugini tidak masuk ke dalam kategori benua Asia karena sejumlah faktor. Faktor geografis memainkan peran utama, dengan letak geografis Papua Nugini yang lebih dekat dengan benua Australia daripada benua Asia.

Wilayah timur pulau Papua secara geografis terhubung dengan benua Australia dan memiliki kesamaan dalam ekosistem dan keanekaragaman hayati.

Selain itu, pembagian politik dan sejarah kolonialisme juga mempengaruhi penentuan batas-batas geografis suatu negara.

Papua Nugini memiliki sejarah kolonialisme yang berbeda dan pada akhirnya memperoleh kemerdekaan dari Australia.

Identitas budaya dan politik Papua Nugini juga lebih terkait dengan negara-negara di Kepulauan Pasifik daripada negara-negara Asia.

Penting untuk mengakui bahwa pengkategorian geografis suatu negara dapat memiliki beberapa interpretasi dan tergantung pada perspektif yang digunakan.

Meskipun Papua Nugini secara umum dianggap sebagai bagian dari Oseania, perbatasan geografis tidak selalu memiliki batasan yang jelas dan dapat diperdebatkan.

Klasifikasi geografis dapat bervariasi tergantung pada sumber dan konteks yang digunakan. Yang terpenting, adalah memahami warisan budaya, sejarah, dan identitas politik suatu negara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih utuh tentang pengkategorian geografisnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More