Spesifikasi Tank Tempur Leopard 2A4 Kanada untuk Ukraina

Senin, 17 April 2023 - 18:35 WIB
Tank Leopard 2A4. Foto/Krauss-Maffei Wegmann
KIEV - Kanada menjadi salah satu negara yang telah mengirim tank tempur ke Ukraina, untuk membantu melawan invasi Rusia. Sebagian besar tank yang dikirimnya itu berjenis Leopard 2A4.

Mengutip laman armyrecognition, Leopard 2A4 merupakan tank tempur utama tercanggih di Angkatan Darat Kanada. Kendaraan tempur yang satu ini telah dikembangkan oleh perusahaan Jerman KMW dan Angkatan Darat Kanada.

Spesifikasi Tank Tempur Leopard 2A4

1. Persenjataan



Leopard 2A4 memiliki senjata utama yakni meriam smoothbore 120 mm yang telah dikembangkan oleh Rheinmetall dan menembakkan dua jenis amunisi, APFSDS-T, dan HEAT-MP-T.



APFSDS-T memiliki jangkauan efektif lebih dari 2.000 m, sedangkan HEAT-MP-T memiliki tingkat efektivitas yang tinggi terhadap target lunak dan keras.

Selain itu, tank ini juga dibekali dengan senapan mesin koaksial 7,62 mm dipasang di sisi kiri persenjataan utama dan satu senapan mesin 7,62 mm dipasang di palka loader.

Agar memiliki penembakan yang efektif, Leopard 2A4 dilengkapi dengan kontrol tembakan terkomputerisasi yang memiliki jangkauan maksimum 10.000 m dengan akurasi pengukuran dalam jarak 20 m.

2. Desain Perlindungan

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More