15 Paspor Tercantik di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

Jum'at, 17 Maret 2023 - 18:25 WIB
Pada halaman dalam paspor Inggris yang berwarna burgundi, di setiap halamannya terdapat tanda air tiga dimensi William Shakespeare. Selain itu, terdapat pula gambar London Eye, Shakespeare’s Globe, Gedung Parlemen, dan London Underground. Namun, sejak 2020, paspor United Kingdom berubah menjadi warna biru, yang terlihat seperti hitam. Bagian belakang paspor memiliki emboss lambang bunga Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales.

10. Swedia



Paspor Swedia menampilkan karya seni dari landmark dan lingkungan yang ikonik di negara tersebut. Gambar tersebut diambil dari pandangan mata burung. Ilustrasi ini dapat bersinar terang saat terpapar di bawah sinar ultraviolet.

11. Belgia



Paspor Belgia yang baru didesain ulang keluar pada Januari 2022. Sampul paspor tetap sesuai dengan tradisi dengan lambang yang berlapis emas. Tiap halamannya menawarkan visual yang lebih menyenangkan, yaitu dengan adanya ilustrasi karakter komik terkenal Belgia yaitu Tintin dan Smurf. Hal ini mengingat Belgia terkenal dengan adegan komiknya yang berusia puluhan tahun itu.

12. Slovenia



Desain lambang Slovenia terdiri dari perisai dengan tiga bintang berujung enam di atas Gunung Triglav, gunung tertinggi di Slovenia. Di bawah gambar gunung ini, terdapat dua garis melengkung melambangkan sungai-sungai yang mengalir di seluruh negeri. Dengan warna merah anggur, menjadikan paspor Slovenia menjadi salah satu paspor tercantik di dunia.

13. Lebanon



Terpampang dengan jelas pohon cedar di sampul paspor Lebanon. Pohon cedar ini memiliki makna sejarah yang besar di Lebanon. Saat mengganti halaman di bawah sinar matahari pada siang hari, akan muncul dengan jelas ilustrasi matahari yang bergerak dari timur dan terbenam di barat. Bila berada di bawah sinar ultraviolet, dapat dilihat jelas rotasi bulan.

14. Jepang

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More