8 Negara di Benua Asia dengan Militer Terkuat 2023, Rusia Nomor Satu

Jum'at, 27 Januari 2023 - 18:05 WIB
8 Negara di Benua Asia dengan Militer Terkuat 2023, Rusia Nomor Satu. FOTO/Reuters
JAKARTA - Deretan ranking militer dunia 2023 telah dirilis oleh situs pemeringkat militer dunia yakni Global Firepower (GFP). Dalam daftar urutan tersebut, terdapat beberapa negara yang berasal dari Benua Asia .

Global Firepower merupakan sebuah organisasi yang berfokus mengelola data dan informasi terkait kekuatan militer seluruh negara yang ada di dunia. Pada tahun 2023, tercatat 145 negara yang masuk dalam daftarnya.

Dalam daftar tersebut negara yang ada di Benua Asia rata-rata masuk dalam 50 besar dari negara terkuat di dunia. Dengan adanya urutan ini maka militer negara di kawasan Asia telah diakui kekuatannya.



1. Rusia



Rusia telah menempati peringkat kedua dalam daftar negara militer terkuat di dunia pada tahun 2023. Negara titisan Uni Soviet ini telah memiliki tank paling banyak di antara negara manapun di dunia yakni dengan jumlah 20.300 unit.

Sementara itu jumlah tank tersebut didukung dengan personil militer yang sangat banyak yakni mencapai 3,6 juta personil. Selain tank, Rusia juga mempunyai 818 pesawat tempur, 27.038 unit kendaraan lapis baja, 6.083 unit artileri swagerak dan 3.860 unit proyektor roket.

2. China

Menyusul Rusia, China juga menjadi negara terkuat ketiga dalam urutan militer paling kuat di dunia pada tahun 2023. Maka tak heran jika Cina telah menjadi musuh berkembang bagi AS dalam bidang militer.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More